Sukses

Tips Anti Bete Saat Hadapi Kesibukan Pekerjaan

Agar tidak terlanjur jatuh sakit, coba terapkan tips berpuasa berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Tugas kantor yang tak ada habisnya sering kali menyebabkan capek, lelah, atau bahkan bikin kepala pusing. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi, salah satunya aktivitas yang sangat padat.

Akibatnya, kondisi tubuh pun melemah secara perlahan-lahan. Bekerja saat kondisi tubuh kurang sehat tentu tidak enak. Hal ini dapat menurunkan performa kerja Anda di kantor.

Namun apa daya, pekerjaan kantor menuntut Anda mampu bersikap profesional dalam kondisi apapun, termasuk saat tubuh kurang sehat. Agar tidak terlanjur jatuh sakit, coba terapkan tips berpuasa berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Perhatikan Pola Makan Setiap Hari

Mulai sekarang, cobalah memerhatikan pola makan sehari-hari. Konsumsi makanan 4 sehat, 5 sempurna, dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat tinggi.

Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein, serat, dan lemak baik. Misalnya, alpukat, gandum, atau pepaya. 

Imbangi pula dengan minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan sempurna. Usahakan minum air lebih dari 2 liter per hari. Semakin banyak air yang diminum, maka semakin sehat sistem metabolisme pada tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Agar tidak terlanjur jatuh sakit, coba terapkan tips berpuasa berikut ini

Setelah jam pulang kantor tiba, segera pulang ke rumah dan jangan mampir ke mana pun. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki untuk beristirahat dan berelaksasi, bukan untuk menyelesaikan tugas kantor yang belum sempat dijamah. 

Apapun yang berhubungan dengan tugas kantor, sebaiknya diabaikan untuk sementara waktu. Toh, kesehatan Anda jauh lebih penting dari apapun yang ada di dunia ini. Jika tubuh sehat, produktivitas kerja akan tetap terjaga meskipun sedang berpuasa penuh.

3. Abaikan Pembicaraan yang Kurang Berfaedah

Manfaatkan jam istirahat kantor untuk beristirahat sejenak. Lakukan peregangan ringan agar otot tubuh tidak tegang dan peredaran darah tetap lancar. Anda bisa menyenderkan badan ke kursi, merebahkan tangan, atau menggoyangkan kepala selama beberapa menit.

Setelah itu, Anda bisa mengobrol bersama rekan kerja untuk melepas beban pikiran. Tapi, pastikan bahan obrolannya berfaedah. Apabila ujung-ujungnya menggosip, lebih baik ditinggalkan agar puasa Anda tidak batal karena menggosipi orang lain.

3 dari 4 halaman

4. Biar Rileks, Tarik Napas yang Dalam

Untuk mengatasi rasa capek, perut keroncongan, dan dehidrasi, Anda bisa menarik napas dalam-dalam selama beberapa menit. Selain memberikan efek rileks dan tenang, menarik napas juga bermanfaat untuk menambah energi. Alhasil, rasa capek, lapar, dan haus tidak akan menghantui Anda secara terus-menerus.

Tutuplah mata saat sedang menarik napas, sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Lakukan secara berulang-ulang sampai Anda merasa tenang untuk melanjutkan pekerjaan kantor.

5. Jangan Terlalu Sering Melihat Jam

Melihat jam sangat tidak disarankan selama berpuasa. Aktivitas ini bukan malah mempercepat perputaran jarum jam, melainkan membuat jarum jam semakin lama berputar. Mirisnya lagi, menunggu selama 15 menit akan terasa seperti menunggu selama 1 jam. 

Untuk itu, jangan terlalu sering melihat jam. Lebih baik nikmati apa yang Anda kerjakan dan tingkatkan konsentrasi kerja agar hasilnya memuaskan. 

4 dari 4 halaman

6. Sisihkan Waktu untuk Menyendiri

Menyendiri di kantor ternyata memberi banyak manfaat, lo! Selain membuatmu merasa lebih tenang, kesendirian ini bisa membuatmu lebih mengenal diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri, Anda bisa melakukan evaluasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa mendatang, terutama dalam urusan karier.

Apalagi selama momen puasa, menyendiri sangatlah disarankan. Hal ini membantu Anda untuk memaknai arti puasa yang sebenarnya, sehingga Anda bisa lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan Sang Pencipta selama ini.

7. Berikan Senyum dan Tawa Terbaik

Kalimat “satu senyum dapat menyelesaikan masalah” harus bisa dijadikan motto dalam hidup, terutama dalam menjalani puasa. Senyum adalah suatu berkah bagi orang yang menerimanya. Dengan memberikan senyum, Anda sudah ikut ambil bagian dalam membahagiakan orang lain.

Tidak hanya senyum, tapi juga tertawalah sepuasnya. Tertawa membuat Anda lebih rileks dan tenang dalam menghadapi apapun, terutama menghadapi rasa lapar dan haus yang sempat menghardik diri Anda. 

Hadapi Kesibukan Kerja dengan Energi yang Prima

Namanya juga bekerja, pasti akan dihadapkan dengan situasi yang terkadang bisa dibilang sangat sibuk, bahkan untuk sekadar makan siang saja terkadang tidak sempat. Tapi tentunya hanya mengikuti kesibukan dampaknya tidaklah bagus. Namanya juga pekerjaan, pasti tidak akan habisnya untuk dikerjakan setiap harinya. Untuk itulah, panai-pandailah mengatur diri menghadapi kesibukan sehari-hari dengan tips-tips di atas biar tidak stress.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.