Sukses

Tips Menghemat Uang untuk Keluarga

Tips mengehemat uang untuk keluarga kecilmu.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa keluarga mengetahui jika memiliki kehidupan mewah, seperti kerap bepergian ke luar negeri memakai pakaian terbaru tidak selalu membuat bahagia. Mengurangi ketegangan rekening bank, bagaimanapun, dapat membantu menghilangkan stres keluarga. Ada banyak hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meringankan keuangan bulanan kelurgamu melansir dari moneycrashers.com.

1. Rencanakan makan bersama di rumah

Salah satu pemborosan keluarga adalah sering pergi dadakan ke restoran untuk makan bersama. Berniat untuk hemat, kamu justru malah menghabiskan banyak uang. Dengan meluangkan waktu untuk merencanakan makanan keluarga dirumah, kamu dapat menghemat pengeluaran karena tidak harus berhadapan dengan makanan mahal dan pajak restoran tersebut.

2. Berbelanja cerdas

Kamu tidak perlu menjadi seorang peniru hardcore untuk menghemat uang pada bahan makanan. Belanja dengan strategi pintar dapat menghilangkan tekanan di toko sehingga kamu tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Sangat penting bahwa kamu hanya berbelanja sekali dan mendapatkan semua yang di butuhkan dalam satu toko. Dan usahakan belanja tanpa anak kecil untuk menghindari pembelian spontan yang belum kamu rencanakan. Tegaslah untuk hal tersebut agar kamu bisa menghemat uang.

3. Atur liburanmu

Jika kamu memiliki waktu berlibur dengan pasangan dan anak-anakmu, rencanakanlah liburan hemat yang tidak membutuhkan uang yang banyak. Banyak kota-kota terdekat memiliki banyak tempat menarik misalnya situs bersejarah, perkemahan dan jalur hiking, museum gratis, atau tiket masuk siang hari yang murah ke bioskop. Ketika masa sulit, tidak masalah untuk membatalkan liburan tahunan untuk sesuatu yang baru. Liburan adalah tentang menghabiskan waktu dan membuat kenangan bersama, selama kamu dan pasanganmu membuatnya menyenangkan untuk anakmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Membuat hiburan di rumah

Jika anak-anakmu sering tergoda untuk menonton bioskop atau ke mall, hal tersebut akan membuat keuangan rumah tanggamu menjadi boros. Temukanlah cara untuk membuat anak-anak tetap terhibur di rumah. Sejumlah permainan papan, atau buatlah seolah-olah rumahmu seperti bisoskop, kamu hanya tinggal menyiapkan popcorn untuk anakmu.

5. Ajaklah anakmu ke perpustakaan

Salah satu cara terbaik untuk menghibur anak-anak dengan murah adalah dengan mengunjungi perpustakaan umum. Ini tamasya yang sempurna, dan memungkinkan kamu membawa pulang film, buku audio, dan buku gratis untuk dinikmati sepanjang minggu. Hal ini dapat menjadi ajang edukasi juga untuk anak-anakmu.

6. Hemat energi

Kamu mungkin mendengarnya jutaan kali, hemat energi dan menghemat uang. Tentu saja, tidak setiap keluarga memiliki sarana atau pengetahuan untuk memasang toilet aliran rendah baru atau pemanas air tanpa tangki. Namun, kamu dapat menghemat dengan cara menghemat energi dengan cara lama yaitu dengan mematikan lampu, mengatur waktu mandi, atau mandi dapat membantu mengurangi tagihan listrik, sambil mengajarkan anak-anakmu pelajaran penting tentang konservasi energi. Meskipun kamu mungkin mendapati diri terusik dari waktu ke waktu, menghemat energi pada akhirnya dapat menjadi kebiasaan bagi semua orang.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini