Sukses

PLN Pasok Listrik ke 3 Kawasan Wisata di Banyuwangi

Panjang jaringan listrik yang dibangun di Alas Purwo sepanjang 21.288 Meter Sirkuit.

Liputan6.com, Jakarta - PLN alirkan listrik di lokasi Triangle Diamond (Segitiga berlian) yang ada di Banyuwangi. Meliputi Gunung Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Merubetiri, sehinga semakin nyaman dikunjungi wisatawan.

General Manager PLN Unit Distribusi Jawa Timur II Bob Saril mengatakan, setelah sebelumnya PLN melistriki kawasan Gunung Ijen, pasokan listrik yang lebih stabil kini masuk ke Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), dan kawasan Sukamade di Taman Nasional Merubetiri. Untuk membuka jaringan listrik, PLN berinvestasi sebesar Rp5,2 miliar.

"Hal ini juga bagian dari reward untuk Banyuwangi yang pertumbuhan pembukaan listrik baru tertinggi di Jawa Timur. Year on year per Januari lalu, pertumbuhan listrik di Banyuwangi meningkat hingga 12 persen. Menunjukkan ada geliat ekonomi yang luar biasa di Banyuwangi," kata Bob, di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Panjang jaringan listrik yang dibangun di Alas Purwo sepanjang 21.288 Meter Sirkuit, sementara di Desa Sukamade mencapai 12,247 Kilo Meter Sirkuit (KMS). Untuk di Sukamade, PLN mengaliri 300 rumah tangga. Selain itu, PLN juga memasang SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) yang terletak di Resort Pancur, sebagai sarana fasilitas umum di daerah wisata itu.

"Selama ini, daerah tersebut belum teraliri listrik karena berjarak 12 KM dari pusat gardu listrik yang terjangkau," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo telah ditetapkan sebagai situs taman bumi (Geopark) nasional dan cagar biosfer dunia oleh UNESCO. TNAP merupakan hutan tertua di Pulau Jawa yang menyimpan banyak keindahan.

Hutan ini memiliki luas 44.037 hektar dan memiliki banyak keanekaragaman hayati dan budaya. Di antaranya, 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil.

TNAP juga diberkahi deretan pantai eksotis karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Di sana terdapat Pantai Plengkung, salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia.

Penyambungan aliran listrik tersebut disambut baik oleh pengelola dan warga setempat. Kepala Balai TN Alas Purwo Nuryadi mengatakan, selama ini kebutuhan listrik di Alas Purwo dipenuhi dengan menggunakan genset dan beberapa panel listrik tenaga surya untuk operasional kantor, menara pengawas, dan pemantauan satwa.

Setiap tahunnya, tak kurang menelan biaya Rp 150 juta untuk pembelian solar untuk menyalakan genset.

"Alhamdulillah, dengan adanya aliran listrik ini, kita prediksi bisa menghemat 60 sampai 80 persen biaya operasional," tutup Nuryadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.