Sukses

Tips Menabung dengan Penghasilan Pas-pasan

Cara menabung untuk yang berpenghasilan terbatas, supaya bisa mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung untuk yang berpenghasilan tinggi mudah, tetapi bagi yang memiliki penghasilan rata-rata dan terbatas, menabung tidak menjadi hal yang mudah. Menabung adalah soal kretivitas bukan akuntansi, sedikit kreativitas bisa membuat perubahan besar pada masalah uang. 

Dilansir dari Businessworld, berikut hal-hal yang dapat membantu untuk menabung : 

1. Merawat Rumah dengan Baik 

Biaya perumahan memang dapat menguras anggaran,karena  selain pembayaran hipotek, biaya utilitas, pemeliharaan akan terus bertambah. Idealnya, total biaya perumahan tidak boleh melebihi 35% dari anggaran. Tetap awasi utilitas dan laksanakan pengelolaan konservasi, karena rumah yang dirawat dengan baik akan menghindari biaya perawatan yang mahal dan biaya perawatan tidak naik.

2. Hindari Utang 

Hindari utang, karena utang merupakan maslah besar dalam keuangan, dengan adanya utang dapat menambah pengeluaran tiap bulannya. Siklus suku bunga ganas menjaga kebebasan finansial Anda. Fokuslah untuk bebas dari utang sesegera mungkin dan uang yang dihemat dapat digunakan lebih produktif. Mungkin tidak mungkin untuk menghentikan utang sekaligus, tetapi upaya untuk menjadi bebas utang secara bertahap harus dilakukan. 

3. Refreshing dengan Sederhana

Memprioritaskan biaya untuk hal lain yang lebih penting daripada untuk bersenang-senang sangat bermanfaat. Boleh bersenang – senang, tetapi juga harus memerhatikan biaya dan dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana, seperti makan malam di pinggir jalan bersama teman-teman , menonton tayangan favorit di internet atau televisi sambil makan popcorn, jadi tidak perlu ke bioskop, dan menggunakan kupon untuk menghemat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Prioritaskan Kebutuhan

Banyak anggaran yang tergelincir karena pengeluaran yang tidak perlu, beli apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Hindari penawaran diskon pada hal-hal yang tidak menjadi kebutuhan, sehingga dapat menghemat uang dan dapat menabung.

5. Membuka Dua Rekening 

Cara terbaik untuk melawan godaan adalahdengan membuka dua rekening bank. Satu untuk pengeluaran diskresioner dan satu lagi untuk tabungan. Jika saldo pada pada rekening dikresioner sudah habis, jangan menggunakan saldo pada rekening  tabungan. Dengan menabung,dapat menjamin masa pensiun atau tujuan hidup lainnya. Menabung juga dapat membuat kehidupan yang bijaksana. 

Mungkin tidak mudah untuk menabung, tapi kehidupan yang seimbang sangat diperlukan dan menahan pengeluaran untuk hal yang tidak memberikan nilai jangka panjang juga sangat bermanfaat. Dengan bertahap, tabungan akan menumpuk dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan hidup. 

Reporter : Tiara Sekarini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.