Sukses

BI Sebut Kondisi Cuaca Jadi Penentu Inflasi 2019

Bank Indonesia menyebutkan inflasi tetap terkendali pada level yang rendah dan mendukung stabilitas perekonomian hingga Januari 2020

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia menyebutkan inflasi tetap terkendali pada level yang rendah dan mendukung stabilitas perekonomian hingga Januari 2020.

Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Januari 2020 tercatat 0,39 persen (mtm) atau 2,68 persen (yoy). Inflasi ini dipengaruhi inflasi inti yang terkendali dan kelompok administered prices yang mencatat deflasi. Sedangkan inflasi volatile food sedikit meningkat.

Disampaikn oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, inflasi inti yang terkendali tidak terlepas dari konsistensi Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya.

"Kelompok administered prices mencatat deflasi didorong kebijakan penurunan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) dan normalisasi tarif berbagai angkutan pasca libur akhir tahun." terangnya pada Kamis (20/02/2020)

Sementara itu, Perry menambahkan bahwa gangguan produksi dan distribusi beberapa komoditas volatile food yang disebabkan oleh banjir di beberapa daerah, sebabkan inflasi volatile food meningkat 4,6 persen (yoy).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pada tahun 2017 dan 2018, inflasi volatile food masing-masing hanya sebesar 3,39 persen (yoy) dan 2,46 persen (yoy).

"Nantinya, Bank Indonesia tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk mengendalikan inflasi tetap rendah dan stabil." ujar Perry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.