Tips Hemat Bagi Mahasiswa

Oleh Liputan6.com pada 21 Feb 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 21 Feb 2020, 07:00 WIB
Merencanakan Dana Pendidikan Anak Semudah Menggenggam Smartphone

Liputan6.com, Jakarta Belajar bagaimana cara menghemat uang saat kamu sekeloah akan menjadi keterampilan yang berguna. Tidak dapat disangkal bahwa siswa sering mendapatkan reputasi yang sangat buruk untuk keterampilan pengelolaan uang mereka yang dipertanyakan. Dunia perkuliahan kemungkinan adalah kali pertama kamu tinggal jauh dari rumah, dan dengan semua kemandirian yang baru ditemukan. Akan banyak godaan untuk membelanjakan uang sesuai keinginanmu. Berikut beberapa tips untuk mahasiswa dalam menghemat keuangan melansir dari the scholarship hub.

1.      Jika memungkinkan, kuliahlah di kota mu

Banyak mahasiswa baru cenderung memilih untuk pindah dari rumah mereka untuk berkuliah di luar kota. Salah satu alasannya karena mereka tidak ingin lagi untuk diatur atau menaati norma yang ada dirumah. Namun, hal tersebut malah membuatmu boros. Tentu akan banyak pengeluaran untuk menunjang hidupmu diluar kota. Pertimbangkan pula kemampuan orang tuamu ketika harus membiayaimu kuliah di luar kota.

2.      Tinggalkan kartu kredit/debit mu dirumah

Pada saat kamu bepergian dengan teman-temanmu, usahakan bawalah uang cash secukupnya dan tinggalkan kartu ATM mu dirumah. Dengan begitu, kamu dapat menghemat dan tidak dengan mudah menghambur-hamburkan uang.

3.      Kontrol dirimu saat membeli makanan

Memiliki kebebasan untuk membeli makanan sendiri adalah hal yang sangat luar biasa dan jadi sangat mudah untuk mengeluarkan uang, terutama ketika kamu berbelanja saat lapar. Alih-alih, rencanakan makananmu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan tahu persis apa yang perlu kamu beli, dan berapa banyak yang harus kamu belanjakan . Kamu akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk membuang apa pun.

4.      Seringlah memasak sendiri makananmu

Mengenai masalah memasak, mengapa tidak mencoba mengurangi biaya makanmu diluar dengan memasak dirumah atau kos-kosan. Kamu tidak hanya akan menghemat uang, tetapi kamu akan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman serumahmu, dan bahkan mungkin meningkatkan keterampilan memasak yang kamu belum miliki. Kamu bahkan tidak perlu membeli buku resep. Kamu dapat menemukan sejumlah resep mudah yang ramah bagi mahasiswa di situs-situs internet.

5.      Cari tau tentang diskon

Salah satu keuntungan terbesar menjadi seorang mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua adalah banyaknya diskon dan insentif siswa yang ditawarkan kepada kamu dari banyak tempat perbelanjaan. Kenali toko-toko high street yang menawarkan diskon terbesar dan kamu dapat menghemat uang pada semua kebutuhan penting, seperti bahan belajar, pakaian, makanan, perlengkapan mandi, dan banyak lagi.

6.      Kerja sampingan untuk dapat penghasilan tambahan

Jika kuliahmu memberikan cukup waktu luang untuk mengambil pekerjaan sampingan, ambil lah satu untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan. Kota-kota universitas sering memiliki bukaan reguler untuk staf ritel, staf menunggu dan barista. Jika itu tidak memungkinkan maka buatlah peluang usahamu sendiri untuk menambah sedikit uang jajanmu.

 

Reporter : Helena Yupita