Bill Gates Pilih Mobil Listrik Porsche Ketimbang Tesla, Elon Musk Kecewa

Oleh Liputan6.com pada 19 Feb 2020, 20:02 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 20:02 WIB
Porsche
Perbesar
Porsche Taycan. (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki mobil listrik seakan sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama mereka yang berduit. Bicara soal mobil listrik, terjadi hal menarik antara miliarder Bill Gates dan Elon Musk.

Melansir laman CNBC, Rabu (19/2/2020), Elon Musk seakan kecewa dengan langkah dari rekannya sesama miliarder Bill Gates.

Ini setelah Gates mengaku membeli mobil listrik buatan Porsche Taycan. CEO Tesla, Elon Musk mengaku tidak lagi terkesan dengan Gates.

Pendapat kepada Co-Founder Microsoft tersebut, dia sampaikan melalui tweet di akun twitter miliknya.  "Percakapan saya dengan Gates agak kurang berkesan jika harus jujur," tweet dari Elon Musk.

Pengakuan Gates membeli sebuah mobil listrik, terungkap dalam sebuah wawancara dengan YouTuber terkenal Marques Brownlee.

Brownlee, meminta Gates untuk ikut melakukan upaya mengatasi perubahan iklim dengan produk energi bersih seperti mobil listrik.

Gates menjawab dengan mengatakan bahwa kendaraan listrik masih akan tertinggal jauh di belakang mobil bensin bila dilihat dari faktor jangkauannya.

Tetapi ia menambahkan bahwa mobil listrik adalah "salah satu faktor yang paling diunggulkan" dalam menurunkan biaya alternatif ramah lingkungan.

"Dan tentu saja saya pilih Tesla, jika Anda harus menyebut satu nama perusahaan yang membantu industri itu, saya akan menyebut mereka," kata Gates.

Tapi kenyataannya, dia tidak membeli salah satu mobil keluaran Tesla, dan justru mengatakan "Aku baru saja membeli Porsche Taycan."

2 dari 2 halaman

Terkesan

Tesla Model 3
Perbesar
Tesla Model 3, mobil listrik ketiga Tesla siap dikirim ke konsumen. (Carscoops)

"Saya harus mengatakan, itu termasuk harga premium untuk mobil. Tapi sangat, sangat mengesankan," Gates menambahkan.

"Itu mobil listrik pertama saya dan saya terkesan dan sangat menikmatinya," lanjut dia.

Porsche Taycan Turbo dibanderol USD 150.900 atau Rp 2 miliar di Amerika Serikat. Sementara Turbo S lebih mahal dengan USD 185.000 atau Rp 2,5 miliar.

Mobil Tesla juga dikenal mahal, tapi tipe entry-level model 3 setidaknya hanya berkisar pada harga standar yang jauh lebih rendah yaitu  USD 39.490 atau sekitar Rp 541 juta di AS.

Bill Gates
Perbesar
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOSHUA LOTT)

Musk bereaksi terhadap Gates yang membeli Porsche Taycan dibanding Tesla, dengan menanggapinya lewat Twitter. Ia bertanya-tanya mengapa Co-Founder Microsoft tersebut "memutuskan untuk memilih Taycan bukan Tesla."

Ini bukan pertama kalinya Musk telah bersitegang dengan sosok rekan miliarder melalui Twitter. CEO Tesla pernah menantang sikap optimis Mark Zuckerberg tentang kecerdasan buatan di 2017, yang mengklaim dengan "pemahaman subjek bos Facebook tentang subyek tersebut masih terbatas."

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Lanjutkan Membaca ↓