Wamen BUMN Bakal Jadi Komisaris Utama BRI?

Oleh Athika Rahma pada 18 Feb 2020, 09:45 WIB
Diperbarui 18 Feb 2020, 11:10 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Dok Humas Bank Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, (BRI), akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hari ini, Selasa (18/02/2020). Agenda RUPS tersebut salah satunya membahas pergantian pengurus perusahaan.

Menurut sumber yang berkata kepada Liputan6.com, posisi yang mengalami pergantian ialah Komisaris Utama (Komut), meskipun belum jelas siapa yang akan menjadi Komut baru BRI.

"Komut yang diganti," ujar sumber tersebut singkat, Selasa (18/02/2020).

Sebelumnya, posisi Komut dijabat oleh Andrinof Chaniago. Dari kabar yang beredar, nantinya posisi tersebut akan digantikan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Saat ini, pria yang akrab disapa Tiko tersebut menjabat sebagai komisaris utama di PT Bank Mandiri. BRI sendiri sebenarnya sudah melaksanakan RUPS bulan September 2019 lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir juga menyatakan, pergantian pengurus bank-bank BUMN ini merupakan bentuk penyegaran birokrasi. Sebagai informasi, selain BRI, ada dua bank BUMN yang akan melaksanakan RUPS, yaitu Bank Mandiri pada 19 Februari 2020 serta BNI pada 20 Februari 2020.

Adapun, RUPS BRI dijadwalkan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Gedung BRI, Jakarta Pusat.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Rombak Direksi 3 Bank BUMN di Februari Ini

Gedung Kementerian BUMN
Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengagendakan perubahan pengurus yang akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rencananya, RUPS akan berlangsung pada pertengahan Februari 2020 sebagai upaya penyegaran.

Ketiga bank BUMN tersebut, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk.

"Pergantian itu penyegaran atau refreshing dan menyesuaikan dengan tantangan ke depan dari BUMN tersebut," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, seperti dikutip Rabu (12/2/2020), dari Antara.

Menurut dia, hampir semua BUMN mengalami penyegaran. Pastinya tujuan dari penyegaran untuk memperkuat BUMN tersebut.

"Pergantian itu kalau ada agendanya dijalankan saja sesuai agenda. Itu proses, biasanya kalau pergantian melihat TPA juga," kata dia.

BRI akan menggelar RUPS pada 18 Februari 2020. Kemudian Bank Mandiri yang berencana menggelar RUPS pada 19 Februari 2020, dan BNI yang akan menggelar RUPS pada 20 Februari 2020.

Dalam agenda acara RUPS ketiga bank BUMN tersebut, salah satunya mengagendakan perubahan susunan pengurus.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓