Sukses

5 Tips Jadi Kaya dari Miliarder Ben Simkin

Langkah - langkah untuk mendapatkan pendapatan jutaan dolar menurut Ben Simkin

Liputan6.com, Jakarta Ben Simkin bukan siswa teladan di sekolahnya. Pada usia 16 tahun dia dikeluarkan dari SMA karena meretas sistem komputer sekolah. Tapi usai dikeluarkan dari sekolah, tidak membuatnya jatuh.

Pada usia 20 tahun, programmer otdidak ini meluncurkan perusahaan IT dan perangkat lunak yang terjual dengan tujuh angka empat tahun kemudian.

Dua dekade kemudian, miliarder Australia yang merupakan pendiri  BusinessNET, bisnis pemasaran online dengan penjualan USD 2 miliar ( Rp 27,3 triliun) dan program kepemimpinan bisnis, Mastermind. Ini pun menjadikan dia sebagai miliarder.

Dia pun mengungkapkan lima pelajaran, tentang cara menghasilkan kekayaan. Apa saja pelajaran tersebut, begini pemaparannya seperti mengutip CNBC, Senin (17/2/2020)

1.  Menciptakan Suatu Aset

Sebagian besar pekerjaan menuntut trade-off dasar yang artinya waktu sebagai imbalan atas uang. Menurut Simkin, dengan waktu sumber daya yang terbatas, rute terbaik menuju kekayaan adalah menciptakan kekayaan intelektual Anda sendiri (IP), yang kemudian dapat Anda skala dan jual untuk menghasilkan aliran pendapatan berkelanjutan - bahkan ketika Anda sedang tidak bekerja. 

"Waktu dan upaya yang Anda lakukan untuk bekerja, gunakan untuk menciptakan beberapa kekayaan  yang dapat Anda jual berulang kali," ungkap Simkin. 

Bagi Simkin, proses itu melibatkan penerapan keterampilan perangkat lunaknya untuk membangun alat pemasaran digital untuk bisnis dan membuat lokakarya online untuk para pemimpin bisnis.

Namun, ia mencatat bahwa strategi yang sama dapat diterapkan pada berbagai disiplin ilmu dan keterampilan profesional.

2. Berupaya untuk menguasai sesuatu

Simkin menjelaskan bahwa dengan berkembangnya teknlogi menjadi lebih mudah untuk menjual layanan dalam skala besar. Tetapi, dengan ukuran yang sama, bisa menyebabkan persaingan memanas. Karena itu, lebih penting daripada sebelumnya untuk menemukan celah dan menguasainya.

Ketika Simkin mulai dalam industri IT di masa remajanya, semua orang berfokus pada Microsoft. Jadi, saat ia berspesialisasi dalam teknologi lain yang lebih tidak jelas, yang bisa mengenakan biaya tinggi.

"Orang-orang yang hebat dalam apa yang mereka hasilkan berdasarkan urutan besarnya," kata Simkin.

3. Fokus pada pelanggan

Menurut Simkin, setelah mengetahui dimana spesialisasi diri sendiri, saatnya menguasai “keterampilan nomor satu”, yaitu kemampuan untuk menciptakan pelanggan. 

Dia berkata bahwa penguasaha itu memulai dengan cara yang sulit. “Pada usia 20, Saya hebat dalam komputer, tetapi saya tidak dapat menciptakan pelanggan. Saya tidak akan berhasil dalam bisnis tanpa kemampuan itu,” kata Simkin,

Dia menemuka jika kesalahan perhitungan membuat harus berjuang untuk menutupi biaya overhead pada hari-hari awal berbisnis.

Untungnya, sekarang ada banyak buku dan kursus yang tersedia untuk membantunya. Dia pun merekomendasikan buku dari Jay Abraham dengan judul “Getting everything you can out of all you’ve got” sebagai pilihan utama.

"Ini semua tentang memahami nilai keterampilan Anda dan belajar berkomunikasi secara efektif," kata Simkin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Melampaui Batas

 

Simkin mengungkapkan bahwa setelah mengamankan jaringan pelanggan yang solid, Anda perlu membuktikan diri kepada mereka dengan melampaui harapan yang ada.

"Bagaimana Anda melakukan hal-hal kecil dapat membuat dampak besar sebab Anda tidak pernah tahu siapa yang menonton," kata Simkin.

Pendekatan ini  berhasil baginya sejak awal, saat bekerja sebagai kontraktor junior. "Saya akan tinggal larut malam dan orang-orang mengenalinya, kemudian ditepuk bahu dan diberi kontrak lebih besar karena mereka memercayai saya," kata Simkin.

5. Terima Kemunduran

Pada akhirnya, dengan adanya hal – hal baru pasti Anda akan dihadapkan pada tantangan yang tidak terduga di sepanjang proses. Simkin mengatakan bahwa hal-hal itu bisa mengecewakan, tetapi penting untuk dipelajari sebagai salah satu bagian dari proses.

“Sangat mudah dikecewakan oleh kemunduran. Tetapi ketika Anda melangkah lebih jauh, kemunduran terlihat sangat kecil," jelas Simkin, mencatat bahwa kerugian yang terasa besar di awal karirnya sekarang telah kehilangan arti pentingnya.

“Akan ada pasang surut. Ini benar-benar tentang bagaimana Anda merespons mereka, "tambahnya.

 

Reporter : Tiara Sekarini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini