Sukses

Cara Mandiri Finansial Cuma dalam 30 Menit, Tertarik?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam waktu setengah jam. Mungkin Anda bisa melakukan aktivitas favorit, seperti tidur siang atau selesaikan membaca satu bab buku.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam waktu setengah jam. Mungkin Anda bisa melakukan aktivitas favorit, seperti tidur siang atau selesaikan membaca satu bab buku.

Bisa juga Anda bisa mengambil langkah pertama menuju kemandirian finansial, dalam waktu kurang dari 30 menit. Dikutip dari CNBC, Minggu (16/2/2020), simak dan pahami caranya di sini:

Apakah Anda tahu kekayaan bersih Anda? Anda tidak perlu menjadi miliarder atau orang kaya untuk mengetahuinya, melainkan dengan melihat apa saja yang Anda miliki saat ini.

Kekayaan bersih Anda pada dasarnya adalah jumlah seluruh aset Anda, dikurangi kewajiban. Aset Anda dapat berupa uang tunai, mobil, rumah, rekening pensiun, properti investasi, dan barang berharga lainnya, seperti seni dan perhiasan.

Sedangkan kewajiban bisa berupa utang. Kewajiban ini bisa dibedakan secara jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk utang jangka panjang antara lain pinjaman perumahan atau kredit pemilikan rumah dan kredit kendaraan. Sedangkan untuk utang jangka pendek berupa utang kartu kredit, dan pinjaman pribadi lainnya.

Langkah selanjutnya adalah cari tahu perbedaan antara kekayaan Anda dengan kewajiban. Caranya cukup dikurangi antara kekayaan dengan kewajiban.

Jika tandanya merah, maka Anda harus mulai menabung lebih banyak dan pengeluaran lebih sedikit. Langkah paling penting yang saat ini adalah mengurangi kewajiban Anda.

Mulailah dengan membayar utang dengan tingkat bunga tertinggi, terutama kartu kredit, yang dapat memiliki tingkat bunga lebih tinggi dari 25 persen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat Anggaran

Setelah Anda memiliki rencana untuk melunasi utang, saatnya untuk membuat anggaran. Anda dapat memulai ini dalam waktu kurang dari 30 menit.

Membuat anggaran mungkin tampak rumit dan mungkin tidak terdengar menyenangkan, tetapi tujuan dari latihan ini adalah untuk memulai, jadi anggaran awal ini tidak akan dirinci.

Mulailah dengan mendaftar semua sumber pendapatan yang Anda terima dalam sebulan. Kemudian, tuliskan semua pengeluaran penting Anda, hal-hal seperti sewa, pembayaran mobil, dan daya guna suatu barang.

Lalu, sekarang buat  daftar semua yang Anda belanjakan, tetapi untuk hal yang tidak penting seperti hiburan, makan di luar atau berberlanja keinginan, di luar kebutuhan jangan Anda lakukan.

Selanjutnya, unduh laporan kartu kredit atau kartu debit terbaru Anda. Lalu buka setiap item baris dan letakkan dalam kategori penting atau tidak perlu sama sekali. Dengan pengeluaran yang dikategorikan, kini Anda memiliki gambaran tentang kebiasaan belanja Anda. Telusuri hal-hal yang tidak penting, dan lihat di mana Anda bisa mengurangi pengeluaran.

Kendati begitu berarti Anda harus mengurangi membeli makan dari luar dengan menyiasati lebih banyak memasak di rumah. Atau mungkin Anda akan menemukan langganan yang tidak lagi Anda gunakan, yang bahkan Anda tidak tahu masih membayar.

Penting untuk memiliki anggaran dan membuat rencana untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian, Anda dapat mulai menyumbangkan uang ke dana darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.