Sukses

3 Langkah Sederhana Mengontrol Keuangan biar Tak Bokek

Mengetahui untuk apa saja uangmu dipakai, bisa menjadi kunci untuk mengurangi kecemasan tentang keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui untuk apa saja uangmu dipakai, bisa menjadi kunci untuk mengurangi kecemasan tentang melunasi utang, meningkatkan tabungan, dan hal yang berurusan dengan pengeluaran yang tidak terduga.

Menurut survey, lebih dari tiga perempat orang dewasa di Amerika mengalami tekanan dalam hal keuangan. Bahkan dari mereka banyak yang akhirnya membuat resolusi keuangan untuk satu tahun ke depan.

Berikut adalah beberapa tips untuk kamu bisa mengontrol keuangan, melansir dari laman CNBC, Rabu (18/2/2020):

1. Ketahui kekayaan bersih

Cara terbaik mengukur keuangan saat ini adalah dengan mengetahui apa yang kamu miliki. Untuk menentukan kekayaan bersih, tambahkan uang tunai, rekening pensiunan, tabungan kuliah, rumah, mobil, investasi, dan barang berharga lainnya.

Kemudian kurangi dengan utang atau kewajiban jangka panjang. Jika kekayaan bersih positif, pastikan disiplin agar keuangan tetap stabil.

Namun jika kekayaan negatif, jangan panik. Ini adalah situasi saat itu, tetapi belum tentu menjadi keuangan masa depan.

Kamu harus bekerja lebih ekstra untuk mengurangi pengeluaran, menabunglah, dan segera lunasi utang.

 

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Buat catatan anggaran sederhana

 

Anggaran benar-benar hanya daftar. Namun dengan adanya itu, dapat membantu untuk tetap fokus pada tujuan keuangan. Catatlah penghasilan dan pengeluaran yang digunakan secara rutin.

Termasuk tunjangan serta pendapatan dari investasi. Bagian tersulit dari membuat anggaran adalah melacak semua pengeluaran. Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk tabungan hari tua.

3. Gunakan strategi ini untuk hidup sesuai kemampuan

Untuk hidup berkecukupan, kamu harus tetap berpegang pada anggaran. Memiliki catatan anggaran di buku atau aplikasi di ponsel akan dapat memudahkan.

Jika kamu memiliki kecenderungan boros kamu harus dengan tegas membatasi diri dan berkomitmen pada diri sendiri. Hal sederhana itu yang diperlukan untuk membuat keuangan berada di jalur yang tepat. Selalu sadari setiap kamu mengeluarkan sepeser dari uangmu.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.