Sukses

Daftar 10 Menteri dengan Kinerja Paling Memuaskan, Siapa Saja?

Menteri BUMN Erick Thohir berada di urutan pertama sebagai menteri dengan kinerja yang paling memuaskan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset, Alvara Strategi Indonesia melalui Alvara Research Center merilis hasil survei kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju pada 100 hari kerja Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. 

Hasil survei ini menggunakan skala 1 atau sangat tidak puas sekali sampai skala 6 atau sangat puas sekali. Sehingga diperoleh Top 10 Menteri yang menonjol dengan persepsi kinerja yang memuaskan publik.

"Menteri-menteri dari kalangan professional lebih mendapat apresiasi dari publik, terbukti dengan hampir semua 10 menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi berasal dari kalangan profesional,” ujar Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dari hasil survei tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berada di urutan pertama sebagai menteri dengan kinerja yang paling memuaskan publik dengan nilai 4,02. 

"Kebijakan bersih-bersih BUMN yang banyak didukung publik mendapat apresiasi tinggi dengan menempatkan Erick Thohir sebagai Menteri yang mendapat kepuasan tertinggi," jelas dia.

Di urutan kedua, ditempati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan nilai 3,95 dan diposisi ketiga diisi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan nilai 3,94.

"Diikuti oleh Nadiem Makarim melalui Penghapusan Ujian Nasional, sementara Sri Mulyani mendapat apresiasi publik dengan kemampuannya menjaga keuangan RI, hingga masuk kedalam 3 besar menteri dengan kepuasan publik tertinggi," jelas Hasanuddin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Menteri

Berikut daftar 10 besar menteri dengan kinerja yang memuaskan publik berdasarkan hasil survei Alvara Research Center:

1. Menteri BUMN Erick Thohir (4,02)

2. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (3,95)

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani (3,94)

4. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (3,91)

5. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (3,88)

6. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (3,88)

7. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (3,86)

8. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro (3,85)

9. Menteri Pariwisata Wishnutama (3,85)

10. Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (3,84).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.