Soal Pergantian Direksi 3 Bank BUMN, Ini Penjelasan Erick Thohir

Oleh Liputan6.com pada 12 Feb 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 16:00 WIB
Erick Thohir Bertemu Aburizal Bakrie
Perbesar
Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikabarkan akan kembali menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk tiga bank milik negara. Rapat tersebut salah satunya akan membahas mengenai pergantian susunan direksi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, RUPS dalam suatu perusahaan sudah memiliki jadwal tetap. Namun dia tidak menjelaskan secara rinci jabatan apa saja yang nantinya akan dirombak.

"(Akan ada bongkar pasang?) Enggak, kok bongkar pasang. Kan yang namanya RUPS itu kan sudah ada waktunya tinggal saya rasa Bank Mandiri," ujar Erick Thohir di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (12/2).

Adapun informasi yang beredar, ketiga bank pemerintah yang akan menggelar RUPST adalah Bank BRI pada 18 Februari 2020, Bank Mandiri pada 19 Februari 2020, dan Bank BNI pada 20 Februari 2020. Ketiga perbankan ini memiliki agenda yang hampir sama.

Erick Thohir melanjutkan, pergantian kepemimpinan jabatan dalam suatu perusahaan merupakan hal yang normal dilakukan. Kebijakan perlu diambil agar perusahaan memiliki pemimpin yang ahli dibidangnya.

"Ya normal-normal saja. Selama kita bisa lihat orangnya punya expertise yang baik," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Rombak Direksi 3 Bank BUMN di Februari Ini

Onderdil Harley Davidson dan Brompton
Perbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengagendakan perubahan pengurus yang akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rencananya, RUPS akan berlangsung pada pertengahan Februari 2020 sebagai upaya penyegaran.

Ketiga bank BUMN tersebut, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk.

"Pergantian itu penyegaran atau refreshing dan menyesuaikan dengan tantangan ke depan dari BUMN tersebut," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, seperti dikutip Rabu (12/2/2020), dari Antara.

Menurut dia hampir semua BUMN mengalami penyegaran. Pastinya tujuan dari penyegaran untuk memperkuat BUMN tersebut.

"Pergantian itu kalau ada agendanya dijalankan saja sesuai agenda. Itu proses, biasanya kalau pergantian melihat TPA juga," tambah dia.

BRI akan menggelar RUPS pada 18 Februari 2020. Kemudian Bank Mandiri yang berencana menggelar RUPS pada 19 Februari 2020, dan BNI yang akan menggelar RUPS pada 20 Februari 2020.

Dalam agenda acara RUPS ketiga bank BUMN tersebut, salah satunya mengagendakan perubahan susunan pengurus.

3 dari 4 halaman

Bank Mandiri

Ilustrasi Bank
Perbesar
Ilustrasi Bank

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN.

Royke adalah orang lama di Bank Mandiri dan bergabung di Mandiri sejak 1999 melalui Bank Dagang Negara (BDN), yang salah satu dari empat bank yang dimerger menjadi Bank Mandiri. Jabatan terakhirnya adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta.

Selain itu Erick juga menunjuk mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) Bank Mandiri.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓