Sukses

Erick Thohir Rombak Direksi 3 Bank BUMN di Februari Ini

Pastinya tujuan dari penyegaran direksi untuk memperkuat bank BUMN tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Tiga bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengagendakan perubahan pengurus yang akan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rencananya, RUPS akan berlangsung pada pertengahan Februari 2020 sebagai upaya penyegaran.

Ketiga bank BUMN tersebut, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk.

"Pergantian itu penyegaran atau refreshing dan menyesuaikan dengan tantangan ke depan dari BUMN tersebut," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, seperti dikutip Rabu (12/2/2020), dari Antara.

Menurut dia hampir semua BUMN mengalami penyegaran. Pastinya tujuan dari penyegaran untuk memperkuat BUMN tersebut.

"Pergantian itu kalau ada agendanya dijalankan saja sesuai agenda. Itu proses, biasanya kalau pergantian melihat TPA juga," tambah dia.

BRI akan menggelar RUPS pada 18 Februari 2020. Kemudian Bank Mandiri yang berencana menggelar RUPS pada 19 Februari 2020, dan BNI yang akan menggelar RUPS pada 20 Februari 2020.

Dalam agenda acara RUPS ketiga bank BUMN tersebut, salah satunya mengagendakan perubahan susunan pengurus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Mandiri

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN.

Royke adalah orang lama di Bank Mandiri dan bergabung di Mandiri sejak 1999 melalui Bank Dagang Negara (BDN), yang salah satu dari empat bank yang dimerger menjadi Bank Mandiri. Jabatan terakhirnya adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta.

Selain itu Erick juga menunjuk mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) Bank Mandiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Bank adalah lembaga yang menjadi pilihan yang aman untuk meminjam dan menyimpan uang.

    bank

  • Bank Mandiri merupakan salah satu bank ternama di Indonesia.

    Bank Mandiri

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

Video Terkini