Sukses

Rute KA Bandara Solo Diperpanjang hingga Klaten

Kemenhub bersama dengan KAI tengah melakukan uji coba perpanjangan rute KA Bandara Adi Soemarmo, Solo hingga Stasiun Klaten

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 6 Yogyakarta tengah melakukan uji coba perpanjangan lintas layanan KA Bandara Adi Soemarmo hingga ke Stasiun Klaten. Sebelumnya, rute KA hanya berhenti sampai Stasiun Solo Balapan Saja.

Persiapan ini dilakukan untuk mendukung operasional KA Bandara berbayar yang secara efektif akan dimulai pada 1 Maret 2020 mendatang.

"Dilakukan uji coba selama dua hari ini, setelah itu dievaluasi untuk persiapan pengoperasian yang rencananya akhir bulan Februari 2020 oleh Presiden Jokowi," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Danto Restyawan, sebagaimana ditulis Rabu (12/02/2020).

Setelah uji coba dilakukan selama 2 hari, lanjut Danto, akan ada evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan semua pihak terkait untuk menentukan pola operasi termasuk tarif yang akan dikenakan pada penumpang.

Sebagai informasi, sejak akhir Desember 2019, KA Bandara Adi Soemarmo sudah melakukan uji coba dari stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dengan tarif gratis.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya 61 Menit ke Bandara

Dari data yang tercatat, potensi penumpang cukup bagus, oleh karenanya diharapkan hal yang sama bakal terjadi jika lintas layanan diperpanjang hingga Stasiun Klaten.

"Untuk saat ini akan dilakukan evaluasi berapa sih tarif yang layak, yang wajar dan tentu natinya akan terjangkau," tutur Danto.

Dalam ujicoba ini, jarak Stasiun Klaten hingga Stasiun KA Bandara Adisoemarmo Solo sepanjang lebih kurang 43 km ditempuh dalam waktu lebih kurang 61 menit, dengan berhenti sejenak di Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Kadipiro.

Sedangkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo ditempuh dalam waktu lebih kurang 25 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.