PODCAST Bisnis: Imbas Virus Corona ke Ekonomi Indonesia

Oleh Septian DenyNurmayanti pada 26 Mar 2020, 10:55 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 10:55 WIB
PODCAST Bisnis: Imbas Virus Corona ke Ekonomi Indonesia
Perbesar
PODCAST Bisnis: Imbas Virus Corona ke Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Dampak Virus Corona telah terlihat perekonomian di Indonesia. Pemerintah telah mengambil langkah antisipasi dengan menutup jalur penerbangan dari dan ke China, memperketat akses turis China, hingga membatasi proses ekspor dan impor.

Tentu saja, langkah antisipasi ini berdampak besar kepada target pertumbuhan ekoomi secara nasional. Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui bahwa virus Corona menjadi tantangan utama Indonesia di awal 2020.

"Konsensus mengatakan Virus Corona bisa memengaruhi perekonomian kita sebesar 0,1 persen hingga 0,29 persen," ujar dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pelemahan ekonomi China yang berdampak bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, tergambar pada kondisi ekonomi kuartal-I 2020.

"Tapi kuartal I rasanya akan sangat sulit dan itu pengaruhnya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia baik jalur tourism, harga komoditas dan ekspor kita secara umum," jelasnya.

Nah, untuk bagaimana langkah antisipasi pemerintah terhadap dampak Virus Corona ke sektor ekonomi, simak obrolan jurnalis kanal bisnis Liputan6.com Septian Deny dan Nurmayanti dalam podcast berikut ini: