Sukses

Wah, Ternyata Ini Manfaat Belanja buat Kesehatan Fisik dan Mental

Ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas ini, beberapa diantaranya bahkan bisa saja tak terpikirkan selama ini.

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja selalu menjadi hal menarik dan menyenangkan. Meski identik dengan aktivitas kaum Hawa, namun tidak sedikit juga kaum Adam yang menyukai aktivitas yang satu ini. 

Pada umumnya, berbelanja kerap dianggap sebagai aktivitas negatif yang memboroskan banyak uang, meskipun sebenarnya anggapan ini tidaklah selalu benar. Belanja bukanlah sebuah masalah atau ancaman bagi keuangan, selama dilakukan dengan terencana dan sesuai kebutuhan.

Selain itu, berbelanja juga tentu harus selalu dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan, bukan?

Jika direncanakan dengan baik, belanja pada dasarnya bisa memberikan manfaat positif bagi yang melakukannya. Memenuhi kebutuhan yang diperlukan tentu menjadi hal wajib, apalagi untuk berbagai kebutuhan pokok.

Selain itu, membeli sesuatu yang diinginkan juga akan membuat diri kita menjadi senang dan lebih bahagia. Bagaimanapun juga, belanja memang bukanlah sesuatu yang buruk, selama dilakukan dengan cara tepat.

Ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas ini, beberapa diantaranya bahkan bisa saja tak terpikirkan selama ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Belanja Bisa Menekan Tingkat Stres

Rutinitas yang padat sepanjang hari, beban kerja yang berat, pekerjaan rumah yang tak kunjung usai merupakan hal-hal yang dapat membuat hari menjadi buruk.

Jika hal ini selalu membebani pikiran dan juga tubuh, maka stres akan muncul dan membuat hidup menjadi lebih kacau lagi. Bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan berisiko menurunkan produktivitas selama bekerja, sehingga perlu diatasi dengan aktivitas yang tepat.

Tidak perlu ke dokter, berbelanja bisa menekan tingkat stres dengan baik. Aktivitas ini bisa mengalihkan sejenak pikiran dan juga kepenatan yang bertumpuk di dalam kepala, sehingga otak bisa istirahat sejenak dari berbagai masalah dan rutinitas yang berat.

Menikmati waktu dengan berbelanja bersama teman ataupun keluarga akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman. Interaksi yang santai bisa terjadi, di mana pikiran hanya fokus pada aktivitas yang menyenangkan itu saja dan melupakan sejenak berbagai rutinitas harian, sehingga stres bisa dihindari.

2. Belanja Bisa Membahagiakan Diri Sendiri

Saat berbelanja lalu menemukan barang yang dicari dan sudah diimpikan sejak lama, maka sensasi bahagia akan sangat terasa di dalam diri sendiri. Kondisi ini seperti baru saja memenangkan lomba yang sulit dan mendapatkan piala untuk kemenangan tersebut.

Hati akan lebih gembira dan merasa puas atas apa yang baru saja terjadi, bahkan meski barang yang dibeli hanya seharga belasan ribu saja. Perasaan ini bahkan akan bertahan dan membuat suasana hati lebih bahagia dari biasanya.

3 dari 4 halaman

3. Belanja Membuat Tubuh Lebih Langsing, Kok Bisa?

Berbelanja bisa saja dilakukan berjam-jam, dari satu toko ke toko lainnya, atau bahkan dari satu lokasi ke lokasi yang berbeda. Ini tidak mudah, sebab dibutuhkan banyak energi untuk melakukannya. Artinya, aktivitas ini akan membakar banyak kalori dan membuat tubuh lebih langsing.

4. Belanja Bikin Panjang Umur

Berbelanja juga akan membuat kita banyak bergerak, membawa beban (belanjaan), berinteraksi dengan orang lain, menghitung dan menyediakan bujet, mencari dan memilih barang yang tepat, dan melihat hal-hal di luar rutinitas yang kita lakukan sepanjang waktu. 

Semua ini akan membuat otak dan tubuh lebih aktif bergerak dan berpikir. Apalagi jika ternyata kita bisa menemukan barang yang kita cari, membeli dan membawanya pulang. 

Kondisi ini akan melengkapkan kebahagiaan dan membuat kita merasa bahagia. Aktivitas yang satu ini membuat hari menjadi berbeda dan bisa bikin panjang umur. 

4 dari 4 halaman

5. Belanja Melatih Kemampuan Otak dan Mental

Untuk penikmat aktivitas belanja, menemukan barang terbaik dengan harga terbaik tentu menjadi hal penting dan tidak bisa diabaikan. Hal ini akan membutuhkan banyak usaha, seperti: keluar masuk toko yang berbeda, melakukan perbandingan harga, dan mencari diskon yang paling menguntungkan.

Tak hanya itu, kesibukan dalam berbelanja yang kerap dilakukan adalah menghitung potongan diskon yang didapatkan, menghitung uang kembalian, menawar harga, dan sebagainya. Semua aktivitas ini akan melatih kemampuan otak dan juga mental. 

6. Belanja Memperbaiki Mood yang Buruk

Hari tidak akan selalu indah sepanjang waktu, sebab ada saja masalah yang bisa membuatnya buruk dan berat. Jika mengalami hari seperti ini, berbelanja adalah pilihan yang tepat. Aktivitas ini akan membuat mood menjadi lebih baik dan pikiran lebih santai, bahkan di hari yang berat sekalipun. 

Luangkan Waktu untuk Aktivitas Berbelanja

Tidak selalu boros, berbelanja juga bisa saja dilakukan dengan hemat dan terencana, sehingga kondisi keuangan tetap aman.

Ada banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas yang satu ini, bahkan meski hanya dilakukan sesekali saja.

Sekali-kali luangkan waktu untuk berbelanja dan menikmati hari dengan santai, sehingga berbagai manfaat positif tersebut bisa dinikmati dengan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini