Ingin Memulai Bisnis di Usia Muda, Baca Dulu Tips Berikut

Oleh Liputan6.comReza pada 12 Feb 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 06:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Business Mobile

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, hampir setiap orang memiliki impian untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Lagi pula, apa yang bisa lebih baik daripada menjadi bos diri sendiri dan membawa proyek bisnis ke dunia?.

Tentu saja, terjun ke dunia wirausaha sedikit menakutkan, terutama jika kamu mendengar mitos bahwa 90 persen pebisnis pemula gagal melaksanakannya.

Berita baiknya, tingkat kegagalan pebisnis pemula tidak setinggi itu. Jika menggunakan taktik yang tepat untuk memulai bisnis dengan baik.

Melansir dari laman Business.com, Rabu (12/2/2020), berikut beberapa metode yang terbukti bisa membantu memulai bisnis di jalan yang benar.

1. Temukan passion

Startup yang paling sukses didirikan oleh orang-orang yang bersemangat dengan apa yang mereka lakukan. Ketika mendasarkan ide-ide dari sesuatu yang benar-benar disukai, seseorang akan lebih fokus dan termotivasi.

Lebih baik lagi, akan membawa pengetahuan dan pengalaman pribadi sendiri. Bahan utama yang dapat membantu menemukan sudut unik yang membantu untuk sukses.

2. Mengetahui pasar

Kegagalan untuk memahami pasar adalah salah satu alasan utama mengapa bisnis baru gagal. Jika ingin berpeluang sukses, perlu meneliti target pasar secara menyeluruh sebelum meluncurkan bisnis.

Ini akan membantu mengidentifikasi atribut penting seperti titik harga dan pesan pemasaran yang akan menarik bagi target. Semakin baik Anda memahami target pasar, maka semakin mudah untuk menghindari salah sasaran.

3. Miliki dana yang jelas dan teratur

Sementara banyak startup meminta bantuan investor untuk bangkit dan berjalan, Anda tidak bisa berasumsi bahwa akan mendapatkan bantuan keuangan semacam itu.

Banyak pengusaha perlu menggunakan dana sendiri untuk memulai perusahaan, yang berarti harus melakukan apa saja untuk memperbaiki situasi keuangan.

Mulailah membangun kredit sedini mungkin dan melunasi pinjaman siswa dan hutang lainnya. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman yang terjangkau untuk membantu kamu mendanai startup .

4. Siap untuk berkorban

Tidak ada yang namanya sukses dalam semalam. Bahkan startup bernilai jutaan dolar yang muncul begitu saja adalah hasil dari kerja keras selama berjam-jam sebelum mereka mulai menjadi berita utama.

Menjadi wirausahawan yang sukses membutuhkan tingkat pengabdian yang kuat, ini berarti mengorbankan waktu dan uang untuk mewujudkannya.

 

 

2 dari 2 halaman

5. Cari mentor

enterpreneur-130910b.jpg
Enterpreneur.

Menjalankan bisnis membutuhkan beragam keterampilan dan keahlian yang mungkin belum dikuasai. Tidak harus mencoba membuat keputusan bisnis yang menantang sendirian.

Karena itu, menemukan seorang mentor adalah salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan pengusaha muda.

Mentor telah mengambil jalan ini sebelumnya dan membawa pengetahuan dan pengalaman untuk membantumu bergerak maju dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.

6. Tingkatkan pengetahuan bisnis

Anda mungkin bersemangat tentang ide besar yang dimiliki, tetapi energi kreatif ini tidak cukup. Bisnis yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar produk inovatif.

Mereka memerlukan tim yang kompeten untuk mengelola keuangan, operasi, manufaktur, pemasaran, dan semua hal lain yang masuk ke dalam produksi dan penjualan suatu produk. Carilah orang-orang yang berpikiran sama yang dapat bergabung dengan tim mu dan menebus kekurangan kamu.

7. Be a planner

Gunakan tujuan menyeluruh untuk menetapkan tonggak yang realistis untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Dengan menempatkan tindakan utama pada timeline, akan meningkatkan fokus dan akuntabilitas, membuatnya lebih mudah untuk tetap di atas apa yang perlu dilakukan.

 

Reporter : Helena Yupita

Lanjutkan Membaca ↓