Sukses

Pasokan Listrik Wilayah Banjir Normal Kembali

PLN menormalkan aliran listrik setelah kondisi rumah penduduk maupun gardu PLN surut dan aman untuk dialiri aliran listrik.

Liputan6.com, Jakarta PLN menyatakan, seluruh gardu listrik yang dipadamkan akibat banjir sejak Sabtu (8/2/2020) Pukul 20.55 WIB sudah semuanya normal. Sebelumnya sebanyak 163 gardu listrik di Jakarta dan sekitarnya dipadamkan karena banjir untuk keselamatan jiwa masyarakat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, PLN menormalkan aliran listrik setelah kondisi rumah penduduk maupun gardu PLN surut dan aman untuk dialiri aliran listrik.

"Warga memastikan jaringan listrik di rumahnya kering dan aman sebelum dinyalakan. Begitu juga dengan jaringan listrik PLN, setelah itu perwakilan warga dan petugas PLN menandatangani berita acara penyalaan listrik kembali," kata Ikhsan, di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Air merupakan salah satu penghantar listrik. Oleh karena itu saat terjadi banjir sangat diharapkan kerjasama dan partisipasi masyarakat secara aktif untuk mematikan listrik di rumahnya masing-masing sebelum petugas PLN mematikan dari gardu listrik.

"Kami mohon masyarakat tetap waspada apabila sewaktu-waktu air kembali naik. Segera laporkan kepada PLN melalui Contact Center 123 atau langsung ke kantor PLN terdekat agar petugas segera melakukan pemadaman untuk keselamatan," tuturnya.

"Terima kasih bagi warga masyarakat yang sudah aktif melaporkan kepada kami untuk memadamkan listrik saat wilayahnya terkena banjir. Keselamatan jiwa adalah yang utama," tambah Ikhsan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Jakarta, PLN Matikan Listrik di Sejumlah Wilayah

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman listrik di sejumlah kawasan di Jakarta yang mengalami banjir pada, Sabtu (8/2/2020).

Pemadaman ini dilakukan agar masyarakat tetap terjaga saat banjir melanda rumahnya. Pemadaman listrik tesebut disampaikan pihak PLN melalui akun media sosialnya Twiter @pln_123.

"Pukul 07.30 WIB, sebanyak 120 gardu listrik terpaksa dipadamkan," tulis unggahan PLN.

Berikut sejumlah wilayah yang terkena pemadaman listrik di Jakarta karena banjir:

1. Pasar Minggu

2. Binawarga

3. Kayu Putih

4. Pulomas

5. Cempaka Putih

6. Kemayoran

7. Sumur Batu

8. Pulogadung

9. Condet

10. Tanah Rendah

11. Kampung Melayu

12. Teluk Permata

Underpass Kemayoran, Jakarta Pusat kembali direndam banjir setelah hujan mengguyur Jakarta sejak kemarin sore, Jumat (7/2/2020).

"Ketinggian 6 meter belum bisa kita sedot karena belum ada pembuangannya," kata Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Unggul Wibowo saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (8/2/2020).

Dia menyatakan ketinggian air sudah mulai naik sejak pukul 03.00 WIB dini hari. Penyedotan air akan dilakukan segera dilakukan.

"Mungkin 1 jam lagi, jam 09.30 WIB," jelasnya.

Sebelumnya, underpass Kemayoran ini memang sering dilanda banjir bila curah hujan tinggi mengguyur Jakarta. Pada Jumat 24 Januari lalu, banjir juga telah memutuskan akses jalan di underpass Kemayoran tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN