Sukses

Mendag dan Mentan Kompak Blusukan ke Pasar Senen Pantau Harga Pangan

Menteri perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian(Mentan) Syahrul Yasin Limpo, siang ini melakukan kunjungan ke Pasar Senen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian(Mentan) Syahrul Yasin Limpo, siang ini melakukan kunjungan ke Pasar Senen. Hal ini guna memantau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com Mentan tiba di lokasi langsung mengunjungi booth Toko Tani Indonesia (TTI). Di booth tersebut, dijual cabai rawit dengan harga Rp40 ribu per kilogram (Kg) saja. Kemudian disusul oleh Mendag, yang juga mengunjungi booth jual-beli cabai tersebut.

Sebelumnya memang harga cabe rawit melonjak tinggi hingga Rp 90.000/kg selama seminggu terakhir. Kendati begitu, Mentan dan Mendag berharap dengan adanya booth cabai rawit yang dijajakan TTI hari ini bisa menurunkan harga cabai rawit di Pasar Senen.

Setelah mengunjungi booth TTI, menteri Agus dan menteri Syahrul masuk ke dalam pasar, mengunjungi kios-kios pedagang. Kios yang dipantau oleh kedua menteri, yakni kios daging ayam, daging sapi, sayur, beras, dan kunjungan diakhiri ke kios telur.

Saat melakukan kunjungan ke kios-kios, kedua menteri juga berkomunikasi kepada pedagang pasar.

"Bu pasokannya amankan, cukup ya? Nanti kalo kurang pasokannya tinggal bilang aja," ujar Menteri Agus kepada pedagang telur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantauan Harga

Untuk diketahui, berikut harga beberapa bahan pangan di Pasar Senen hari ini, bawang merah Rp 35 ribu/kg, sedangkan  bawang Putih Rp 45 ribu/kg, Cabai merah keriting Rp 75 ribu/kg, Cabai rawit merah Rp 85 ribu/kg, Tomat Rp 15 ribu/kg, Kentang Rp 15 ribu/kg.

Sementara itu, untuk harga daging sapi lokal Rp110 ribu-115 ribu/kg, daging kerbau India Rp 90 ribu-100 ribu/kg, daging ayam Rp 45 ribu/kg, Beras premium Rp 12 ribu/kgTelur ayam ras Rp 21 ribu/kg.

Namun yang pasti di antara bapok di atas, yang alami kenaikan secara signifikan adalah cabai rawit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.