Sukses

Percepat Investasi, Kepala BKPM Bakal Lawan Hantu Tanah

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan salah satu masalah investasi adalah sengketa tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan salah satu masalah investasi adalah sengketa tanah. Masalah tanah memang diakuinya bukan sesuatu yang mudah diselesaikan.

Selain ego sektoral kementerian atau lembaga, ada mafia tanah yang penyelesaiannya tidak diatur dalam regulasi.

"Hantu tanah ini harus diselesaikan," kata Bahlil di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menghadapi hantu tanah, harus memiliki keahlian sendiri. Dia mengaku pengalamannya menjadi hantu tanah membuat semuanya lebih mudah menyelesaikan kasus model ini.

Biasanya, kata Bahlil, hantu tanah berdasi lebih sulit ditaklukkan. Sebab selain dia memiliki kewenangan, dia juga pemain di lapangan.

"Kebetulan saya punya pengalaman 16 tahun jadi hantu tanah jadi agak sedikit tahu," kata Kepala BKPM sambil berkelakar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Lotte Cemichal di Cilegon

Bahlil mencontohkan kasus investasi Lotte Chemical di Cilegon, Banten yang nilai investasi Rp 61,2 triliun. Saat itu proyek terhambat sengketa lahan antara Krakatau Steel, Candra Asih, Pemda Cilegon dan Pengusaha Lokal.

Benang kusut ini pun lantas diselesaikan secara adat di lapangan. Namun, pihak yang tidak bisa diajak kerja sama terpaksa diselesaikan secara hukum.

"Kita sekolahkan, kalau melawan kita penjarakan, kalau dia minta ampun kita keluarkan. Sudah tobat berarti," kata Bahlil.

Cara-cara ini terpaksa dilakukan untuk membangun kepercayaan kepada para investor terhadap pemerintah. Hasilnya, sengketa lahan bisa diselesaikan dalam waktu 3 bulan.

Wujud penyelesaiannya dalam bentuk MoU antara PT Krakatau Steel, PT KIEC dan PT LCI.

 

3 dari 3 halaman

Kasus Lainnya

Kasus lainnya yang sudah dilakukan penyelesaian yaitu YTL Power. Nilai investasi power plant Tanjung Jati senilai Rp 38 triliun.

Dalam kasus ini terjadi tidak terbitnya rekomendasi SKJU dari Menteri BUMN. Terjadi ego sektoral antara kementerian. Kasus ini pun selesai dalam waktu 1 bulan dengan lahirnya rekomendasi dari Menteri BUMN.

"Alhamdulillah selesai 1 bulan lebih," tutupnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BKPM merupakan kependekan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

    bkpm

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Bahlil Lahadalia adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo Ma'ruf Amin.
    Bahlil Lahadalia adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kabinet Indonesia Maju era Joko Widodo Ma'ruf Amin.

    Bahlil Lahadalia