Sukses

Startup Moka Bantu UKM Naik Kelas Lewat Teknologi Digital

ACOM diharapkan dapat mendorong UKM untuk naik kelas sehingga mampu bersaing dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi di tahun 2020 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Moka sebagai startup penyedia layanan kasir digital, menghadirkan acara atau event “A Cup of Moka (ACOM)” dalam format baru untuk mengundang partisipan yang lebih aktif, dengan konten berkualitas untuk memperkenalkan teknologi digital pada UKM.

Sesuai dengan semangat Moka untuk tumbuh dan berkembang bersama pelaku UKM, ACOM diharapkan dapat mendorong UKM untuk naik kelas sehingga mampu bersaing dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi di tahun 2020 ini.

“Nah melihat antusiasme dari UMKM untuk berpartisipasi di a A Cup of Moka, tahun ini Moka memulai tahun 2020 dengan berkomitmen untuk step up a Cup of Moka lagi, supaya bisa melayani lebih banyak UMKM lain, supaya bisa meningkatkan kualitas dari kontennya dan sama-sama mengedukasi merchants (pedagang) di Indonesia,” kata Haryanto dalam acara A Cup of Moka 2020: Menggerakkan Digitalisasi untuk Memajukan UKM Berkelanjutan di Indonesia, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Dalam kurun waktu satu tahun, ACOM telah berhasil mengedukasi lebih dari 2.000 pelaku usaha di 13 kota, melalui puluhan acara sepanjang tahun 2019 di seluruh Indonesia, baik secara offline maupun online. Berawal hanya dari tujuh rekan, kini ACOM telah bekerja sama dengan 124 institusi seperti pemerintahan, penyelenggara swasta, akademis, LSM, dan lainnya.

Kendati begitu, Moka berkomitmen untuk mengadakan gelaran ACOM dalam skala yang lebih besar. Materi yang dibagi pun lebih bervariasi dan lebih berkualitas, terbagi menjadi dua format baru yaitu ACOM Talks series berupa workshop yang terdiri dari sesi inspirasi dari pelaku usaha dan pembicara yang berkaitan untuk berbagi pengalaman dan key learning, serta praktik yang langsung mengajarkan peserta untuk membuat atau mencoba belajar sesuatu.

Kemudian ACOM Forum yang membahas diskusi in-depth mengenai isu pengembangan UKM, dengan para ahli dari pemerintah, LSM, swasta, startup dan pihak lainnya.

“Dimana A Cup of Moka series ini akan berisi bisnis prkatis dan bisnis inspiration, di mana kita akan mengundang me merchants-merchants dan para ahli yang menginspirasi, untuk memberikan tips-tips sukses dibidang masing-masing, dan ACOM forum akan membedah topik-topik secara intens, yang bersangkutan dengan UMKM seperti perpajakan dan lain lain, dengan para expert juga,” ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan 2.500 UKM

Melalui format baru ini, Moka menargetkan lebih dari 2.500 pelaku UKM untuk berpartisipasi di dalam rangkaian acara ACOM dan harapannya, materi yang telah dibawakan di ACOM dapat diterapkan pada kegiatan bisnis sehari-hari sehingga UKM di Indonesia dapat naik kelas.

Selanjutnya, Moka sendiri telah membantu merchant dalam menjalankan usahanya hingga mampu berkontribusi sejumlah Rp21,6 Triliun untuk perekonomian Indonesia tahun 2019, dan melalui Moka Capital, Moka telah menyalurkan lebih dari Rp40 Miliar untuk permodalan usaha UKM di Indonesia.

“Nah dan Moka juga sudah Launching produk Moka capital ditahun yang lalu, di mana kita menyalurkan Rp40 miliar dana usaha yang dipakai merchants kami untuk menambah outlet baru, membeli inventori lebih banyak, dan mengembangkan bisnisnya lebih lagi, jadi kami merasa sangat beruntung karena dengan melayani merchants kami, secara tidak langsung Moka sudah berkontribusi juga untuk perkembangan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, dengan semangat mewujudkan cashless society di Indonesia, penerimaan transaksi mobile payment melalui platform Moka telah mencapai Rp1,1 Triliun sepanjang 2019. Ia pun menjelaskan lebih lanjut, bahwa digitalisasi dari layanan yang diberikan Moka sudah sepantasnya didampingi dengan wadah edukasi yang sesuai.

Menurutnya, tidak hanya fokus pada solusi operasional dan ekosistem bisnis saja, dirinya berharap Moka dapat menopang keberlangsungan UKM, dengan penyediaan sarana edukasi yang dapat menjangkau banyak pelaku bisnis melalui gelaran A Cup of Moka ini. Moka akan memfasilitasi beragam materi mulai dari penerapan teknologi hingga peningkatan penjualan dengan strategi pemasaran melalui ACOM.

“Melalui A Cup of Moka ini bisa menciptakan ekosistem UMKM yang kondusif dan saling membantu, dan juga bisa menjadi langkah kecil untuk membantu pemerintah, untuk mengembangkan ekonomi Indonesia lagi melalui UMKM sebagai tulang punggungnya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.