Sukses

Virus Corona Diprediksi Pukul Rantai Pasokan Apple di China

Pada Selasa, manajemen Apple mengatakan bahwa "polemik" mengenai krisis kesehatan masyarakat mempengaruhi penjualan Apple di China.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari Selasa, pihak berwenang China melakukan langkah-langkah drastis untuk mengendalikan virus corona, yang telah menginfeksi ribuan orang dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Langkah-langkah itu termasuk karantina di Wuhan dan pembatasan perjalanan di daerah sekitarnya. Akibatnya, hl ini berpotensi mengganggu basis manufaktur Apple di wilayah tersebut.

Saham Apple ( AAPL ) dilaporkan naik 1,5 persen setelah melampaui perkiraan pendapatan dan pendapatan untuk kuartal Desember, mengutip dari The Street.

Menurut laporan dari Nikkei Asian Review, pemasok Apple telah memperingatkan bahwa wabah itu dapat menyulitkan produksi iPhone Apple, termasuk produksi iPhone murah yang direncanakan akan terungkap tahun ini.

Apple telah meminta pemasok untuk menghasilkan total 80 juta iPhone di paruh pertama tahun ini, dimana 65 juta model iPhone 11 dan 15 juta model dengan anggaran yang akan datang. Tetapi pemasok termasuk Foxconn telah menyatakan keprihatinan bahwa virus corona itu dapat mengganggu laju yang cepat dari manufaktur, kata laporan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Apple

Pada panggilan pemegang saham Selasa, CFO Apple Luca Maestri mengatakan bahwa "ketidakpastian" di sekitar wabah memengaruhi panduan pendapatan kuartal Maret antara USD 63 miliar dan USD 67 miliar, kisaran yang lebih luas dari normal.

Pabrik pemasok dibuka secara tertunda setelah Tahun Baru Imlek karena krisis kesehatan di China, kata Apple.

Maestri dan CEO Tim Cook juga merinci berbagai dampak dari virus, termasuk penutupan satu toko ritel Apple di daerah itu, penutupan beberapa pengecer, dan lalu lintas ritel keseluruhan yang lebih rendah dalam beberapa hari terakhir.

Cook mencatat bahwa Apple memiliki beberapa pemasok di wilayah Wuhan. Akan tetapi ada alternatif untuk masing-masing pemasok tersebut.

"Saya yakin rantai pasokan Apple akan terpengaruh," kata Patrick Moorhead, presiden di Moor Insights & Strategy. "Satu-satunya pertanyaan adalah seberapa besar dampaknya dan berapa lama dampaknya. Seluruh kota diasingkan dan warga bahkan tidak dapat bekerja di kota-kota yang paling padat," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Statistik Penjualan

Basis produksi utama Apple terletak di Zhengzhou dan dekat Shanghai, yang keduanya berjarak beberapa ratus mil dari pusat wabah - tetapi masalah rantai pasokan diperkirakan kritis.

Disebabkan oleh staf dan pergerakan bahan baku di sekitar wilayah tersebut mungkin rentan terhadap gangguan wabah virus.

"Gangguan rantai pasokan adalah kekhawatiran jika karyawan di seluruh Foxconn dan hub manufaktur komponen lainnya di China dibatasi bersama dengan masalah transportasi yang dapat membatasi atau memperlambat pasokan," analis Wedbush, Dan Ives mengatakan kepada TheStreet.

"Saat ini sudah terkandung, namun jika wabah Corona menjadi lebih menyebar itu dapat berdampak negatif pada rantai pasokan yang akan menjadi kekhawatiran investor utama," lanjut dia.

Terlepas dari gangguan rantai pasokan potensial, Apple melaporkan penjualan USD 13,58 miliar di China, mewakili pertumbuhan 3,1%. Hasil Apple China diawasi ketat mengingat berkembangnya kesepakatan perdagangan AS-China dan kelemahan relatif tahun lalu di pasar besar.

Berita tentang kemungkinan gangguan pada produksi iPhone Apple juga menyoroti ketergantungannya pada China sebagai basis manufaktur, bidang pengawasan ketat lainnya di tengah ancaman tarif oleh administrasi Trump sepanjang 2019.

Apple dilaporkan berusaha mengalihkan sebagian produksinya ke India dan Asia Tenggara, tetapi hal itu akan menjadi proses yang panjang dan rumit. Ives Wedbush memperkirakan tahun lalu bahwa Apple akan membutuhkan setidaknya dua hingga tiga tahun untuk memindahkan 15% produksi iPhone ke negara lain, seperti India dan Vietnam.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini