Dukung Inklusi Keuangan, DANA Implementasikan QRIS 100 Persen di Merchant Seluruh Indonesia

Oleh Gilar Ramdhani pada 28 Jan 2020, 07:05 WIB
Diperbarui 28 Jan 2020, 07:05 WIB
Dukung Inklusi Keuangan, DANA Implementasikan QRIS 100 Persen di Merchant Seluruh Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Transaksi menggunakan dompet digital DANA kini semakin nyaman, praktis, dan menyenangkan. Mulai Januari 2020, DANA telah resmi menerapkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan telah terimplementasi 100 persen di semua merchant seluruh Indonesia.

QRIS merupakan kode QR berstandar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua pembayaran. 

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa aplikasi DANA dan juga perangkat DANA di berbagai merchant telah mengadopsi teknologi QRIS.

"Aplikasi DANA sudah memiliki fitur pemindai yang bisa memindai kode QRIS. Selain itu, perangkat-perangkat DANA yang terpasang di berbagai merchant juga telah mengadopsi QRIS. Baik pengguna maupun merchant DANA telah siap melakukan transaksi menggunakan DANA QRIS,” ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Keuntungan Pengguna DANA QRIS

DANA QRIS
Bayar Makin Praktis Pakai DANA QRIS.

Menurut Vincent, penerapan DANA QRIS sangat menguntungkan pengguna dompet digital dan merchant. Pasalnya, kehadiran QRIS bisa memperluas akses dan efisiensi transaksi melalui satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital QRIS.

"Dengan adanya DANA QRIS, para pelaku usaha serta 30 juta pengguna dompet digital DANA bisa merasakan pengalaman transaksi lewat DANA QRIS yang praktis, mudah dan aman,” kata Vincent.

Bagi pengguna DANA, Vincent mengatakan bahwa tidak ada perbedaan cara bertransaksi dengan DANA QRIS. Pengguna cukup melakukan scan QRIS yang tersedia di merchant-merchant yang memiliki QRIS, lalu memilih sumber dana untuk pembayaran.

Sementara non-pengguna DANA cukup membuka aplikasi pembayaran yang mereka gunakan, lalu melakukan pemindaian DANA QRIS yang tersedia di merchant DANA.

Lebih lanjut, Vincent mengatakan bahwa DANA QRIS juga bisa menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mengenal dompet digital, melalui penggunaan DANA di tiap transaksi digital yang mereka lakukan.

3 dari 3 halaman

Transaksi Lebih Praktis

DANA QRIS
DANA QRIS (Foto: DANA)

Pengguna juga bisa merasakan kepraktisan transaksi dengan dompet digital tanpa perlu top up saldo. Pengguna DANA bisa langsung menggunakan sumber dana dari Kartu Debit atau Kartu Kredit yang tersimpan pada dompet digital DANA berkat fitur penyimpanan kartu (Card Binding).

"Jaminan proteksi 100 persen bagi pengguna DANA juga kami harapkan akan makin menguatkan kepercayaan dan rasa aman dalam menjalankan setiap transaksi,” kata Vincent.

Vincent pun optimis implementasi QRIS akan berdampak positif dalam mempercepat terwujudnya inklusi keuangan digital dan budaya bertransaksi non tunai di Indonesia.  

“Kami percaya dengan penerapan QRIS, ekonomi digital nasional akan meningkat karena lebih efisien dan produktif, serta membantu inklusi finansial digital,” ungkap Vincent.

Versi terbaru DANA

Untuk merasakan pengalaman yang maksimal dari aplikasi dompet digital DANA, jangan melewatkan pembaruan atau update aplikasi. Versi terbaru DANA menawarkan kapabilitas yang lebih optimal dengan user interface semakin ramah pengguna.

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dari aplikasi dompet digital DANA antara lain

  • Fitur Send DANA

Pada aplikasi dompet digital versi terbarunya, DANA meningkatkan kapabilitas fitur Kirim DANA dan menghadirkan lebih banyak opsi Kirim DANA bagi pengguna. Sekarang, pengguna DANA bisa mengirim uang dengan memindai Kode QR milik akun DANA penerima, mengirim uang ke Saldo DANA pengguna lain melalui nomor telepon atau ke rekening bank penerima, mengirim uang antar-bank, serta mengirim uang melalui tautan ke media sosial (WhatsApp atau Facebook).

  • Fitur Request DANA

Minta DANA atau Request DANA kini bisa dilakukan dengan mengirim tautan untuk transfer dana. Sebelumnya pengguna hanya bisa meminta dana kepada pengguna lain melalui Kode QR miliknya.

  • Fitur Nearby Me

Fitur Nearby Me dihadirkan untuk memudahkan pengguna menemukan merchant DANA yang dekat dengan lokasi mereka. Pengguna bisa mengklik fitur ini pada halaman utama aplikasi DANA, untuk selanjutnya mendapatkan informasi restoran atau gerai-gerai mitra DANA yang terdekat dengan area di mana mereka berada saat itu. 

  • Channel Top Up untuk Pengguna

Untuk memudahkan dan mendukung gaya hidup digital modern yang aman dan efisien, DANA terus meningkatkan kerja sama dengan banyak pihak atau channel untuk memfasilitasi transaksi top up saldo DANA penggunanya.

  • Manage Bill

Pembayaran tagihan bulanan di aplikasi DANA terbilang mudah dan cepat. Dengan menggunakan fitur "Manage Bill" atau atur tagihan, kamu bisa bayar tagihan tepat waktu, tanpa khawatir lagi kena denda. Selain tagihan listrik dan air, DANA juga bisa untuk kebutuhan lain bayar pulsa, internet hingga iuran rutin BPJS.

Masih banyak lagi fungsi dan fitur yang dimiliki aplikasi DANA untuk membantu kebutuhan transaksi sehari-hari kamu!

Lanjutkan Membaca ↓