Sukses

Maksimalkan Karier Lewat Media Sosial, Begini Tipsnya

Daripada hanya menggunakan media sosial untuk hal yang kurang bermanfaat, lebih baik manfaatkan untuk memaksimalkan karier.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial saat ini sangat digandrungi anak muda. Hampir setiap hari, kamu pasti akan menghabiskan waktu yang cukup banyak dengan media sosial ini.

Daripada hanya menggunakan untuk hal yang kurang bermanfaat, lebih baik manfaatkan untuk memaksimalkan karier saja. Terapkan tips dari Swara Tunaiku ini untuk melakukannya!

1. Gunakan Nama dan Foto Wajah Asli

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan karier menggunakan media sosial adalah dengan menggunakan nama dan foto wajah asli.

Hal ini bertujuan agar orang lebih mudah menemukanmu. Jangan gunakan nama samaran atau foto yang bukan wajah kamu sehingga orang akan susah mengenalinya.

Ingat, gunakan nama yang sama untuk semua akun media sosial dan kalau perlu, cantumkanlah alamat e-mail agar orang lain atau perusahaan bisa langsung menghubungimu ketika tertarik bekerja sama dengan kamu.

2. Bangun Image Positif

Hal lain yang harus kamu lakukan untuk memaksimalkan peran media sosial untuk karier adalah dengan membangun image yang positif.

Unggahlah foto dan status yang baik serta tak mengandung nada negatif apalagi yang mengandung unsur SARA. Kalau bisa, hapuslah foto atau status yang mengandung unsur negatif dan yang bisa menimbulkan cemoohan.

Ingatlah, selalu biasakan berkata sopan ketika menggunakan media sosial karena itu adalah portofolio kamu agar orang lain bisa mengenal karyamu. Dengan begitu, media sosial yang kamu miliki akan lebih bermanfaat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan Media Sosial Berdasarkan Jenis Bisnis

Bila kamu hendak berbisnis, ada baiknya manfaatkan media sosial yang sesuai dengan jenis bisnis yang akan kamu jalani. Dengan begitu, konten atau layanan yang kamu tawarkan akan tepat sasaran.

Misalnya saja, bila kamu membangun bisnis visual, pilihlah media sosial yang lebih banyak memperlihatkan fotografi seperti Instagram dan Pinterest.

Sedangkan bila bisnis yang kamu kelola adalah konten editorial, alias kamu bisa membagikan tautan melalui media sosial tersebut, kamu bisa menggunakan Twitter atau Facebook.

Kalau mau yang lebih profesional, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Snapchat, YouTube, Vine, dan masih banyak lagi.

4. Tunjukkan Prestasi

Kalau ternyata kamu bukan hendak berbisnis namun untuk bekerja di suatu perusahaan atau bidang profesional saja, cobalah untuk menunjukkan prestasi yang kamu miliki.

Tak jarang kalau prestasi kamu bisa membuat kamu lebih dikenal orang dan menjadi sosok yang inspiratif.

3 dari 3 halaman

5. Follow Perusahaan Impian

Media sosial tak hanya bisa digunakan untuk terhubung dengan keluarga dan kerabat saja. Namun, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Kamu bisa mem-follow perusahaan impian untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perusahaan tersebut semisal etika perusahaan, sistem kerja, program yang sedang dijalankan, dan lainnya.

Selain itu, dengan cara ini, kamu juga bisa mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan lebih mudah dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, peluang kamu untuk bisa masuk ke perusahaan itu akan lebih lebar.

6. Ikuti Akun Bermanfaat

Tak ada salahnya kamu coba ikuti akun yang bermanfaat dan bisa memberikan informasi seputar karier. Kamu bisa mengikuti sosok inspiratif yang bisa dijadikan teladan inspiratif dan memberikan info positif mengenai pengembangan dirimu.

Nah, itulah berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan media sosial dalam menunjang kariermu. Baik itu untuk bisnis maupun untuk karier profesional.

Jadi, media sosial tak hanya bisa kamu manfaatkan untuk bersenang-senang saja sekarang. Kamu juga bisa mendapat karier yang gemilang melalui jejaring media sosial ini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.