Berbagai Prospek di Masa Depan bila Kuliah Bisnis Digital

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Feb 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 13 Feb 2020, 07:00 WIB
UMKN
Perbesar
Berbisnis di era digital semakin bagi UMKN (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Dibukanya sebuah bidang studi di perguruan tinggi pasti ada relevansinya dengan kebutuhan SDM, termasuk Jurusan Bisnis Digital. Program studi ini dikembangkan untuk mempersiapkan SDM yang melek teknologi untuk berbisnis. 

Akan tetapi, tidak sedikit yang meragukan prodi baru ini. Jika dipahami lagi, rincian prospek unggul dari Swara Tunaiku berikut ini bisa mematahkan keraguan tersebut. 

1. Erat dengan Fleksibilitas

Program studi Bisnis Digital memang belum banyak dibuka. Salah satu universitas yang membukanya adalah Universitas Padjajaran untuk jenjang sarjana.

Sebenarnya, pembelajaran di prodi ini sangat penting dan bukanlah semata-mata tidak ada urgensinya. Justru jurusan ini memberikan pembelajaran lebih riil terkait fenomena perkembangan teknologi saat ini.

Di era milenial ini, penguasaan teknologi canggih harus dimiliki. Melalui pembelajaran di Jurusan Bisnis Digital ini, Anda mampu mengenal penguasaan startup digital, big data, marketplace, sampai artificial intelligence.

Perkembangan teknologi yang semakin maju dari waktu ke waktu juga membuat Anda erat dengan fleksibilitas. Jadi, Anda sudah terbiasa dengan perubahan.

2. Selalu Berinovasi

Inovasi sangat diperlukan dalam berbagai bidang agar semakin maju dan menuai hal baru. Dalam jurusan yang erat kaitannya dengan teknologi dan bisnis ini tentu saja selalu menuntut untuk berinovasi.

Menciptakan ide baru harus dilakukan dengan membuka pikiran lewat mengamati peluang yang ada. SDM jadi lebih kreatif karenanya. Hal ini penting agar tahan ketika berbisnis.

2 dari 3 halaman

3. Siap dengan Tren Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0
Perbesar
Revolusi Industri 4.0. Dok: engineersjournal.ie

Sejauh ini, sudah terdapat ribuan perusahaan startup di Indonesia dan menduduki posisi ke-5 dunia. Sementara posisi di atasnya diduduki Amerika, India, Inggris, serta Kanada.

Bekal pembelajaran di prodi Bisnis Digital akan membuat Anda selalu up to date terhadap perkembangan teknologi dalam tren revolusi industri 4.0. Kemajuan bisnis berbasis teknologi juga akan selalu diketahui.

4. Trending di Berbagai Bidang Bisnis

Perkembangan teknologi yang semakin maju tersebut diselaraskan dengan perkembangan bisnis. Akibatnya, terdapat efek positif untuk mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Jurusan Bisnis Digital.

Terdapat banyak pemahaman bagaimana sebuah bisnis bisa dikembangkan dengan teknologi, mulai dari pengadaan, produksi, promosi, penjualan, dan penghitungan keuangan.

Investasi bisnis juga bisa diketahui sampai mekanisme pengelolaannya agar bisa mengatur dengan baik. Keuntungan ini sangat membantu seseorang dalam mengembangkan bisnis ataupun menjalankan pekerjaannya di masa depan.

3 dari 3 halaman

5. Banyak Dilirik Perusahaan

Akuisisi
Perbesar
Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

Segenap kemampuan di bidang bisnis yang erat kaitannya dengan teknologi, lulusan prodi Bisnis Digital akan berkualitas. SDM-nya akan paham dengan teknologi terkini dan mampu menyelaraskan antara bisnis dan dunia digital. Penguasaan pasarnya akan lebih luas dan mampu menjaring banyak relasi dengan berbagai pihak terkait.

Berkat kemampuan ini, banyak perusahaan akan melirik lulusan prodi Bisnis Digital untuk bekerja sama. Tentu saja tidak benar jika lulusan Bisnis Digital ini diragukan. Justru, sudah selayaknya banyak pihak mampu mendukung pengembangan jurusan ini.

6. Punya Beragam Peluang

Selain menjadi karyawan, Anda bisa menjadi pengusaha dengan merintis bisnis sendiri. Anda bisa lebih aktif membangun ide dan mengembangkannya menjadi nyata.

Ketahuilah passion Anda dan gunakan kemampuan berbisnis berbasis digital yang sudah diterima selama kuliah. Dengan demikian, Anda akan berkembang dan menciptakan kesempatan kerja bagi orang lain.

Itulah berbagai sisi positif dari program studi Bisnis Digital yang ke depannya sangat prospektif. Lulusan dari prodi ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, mengingat semakin pesatnya teknologi. Jadi, kualitas jurusan bisa dilihat dari bagaimana peluang karier lulusannya di masa depan. Setiap pembukaan prodi, pasti sudah dipertimbangkan.

Lanjutkan Membaca ↓