Ingin Punya Penghasilan Tambahan dari Rumah? Yuk Bisnis Ini

Oleh Liputan6.com pada 31 Jan 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 31 Jan 2020, 06:00 WIB
penitipan anak

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu seorang ibu rumah tangga atau seorang siswa dengan waktu ekstra di rumah? Apakah kamu berharap memiliki penghasilan tambahan atau penghasilan kedua, yang dapat membantumu mendapatkan kemewahan hidup yang layak? Nah, sekarang saatnya kamu mengenal beberapa metode yang akan membantumu mendapatkan jumlah uang ekstra, hanya dari rumahmu sendiri.

Ada banyak keterampilan berbeda yang dapat kamu gunakan, dan yang kamu butuhkan adalah sedikit kecerdasan kewirausahaan, disertai dengan sedikit kemampuan multitasking. Berikut adalah beberapa ide dari Mag For Woman untuk mendapat penghasilan tambahan dari rumah.

1. Bisnis memasak

Jika kamu seseorang yang suka memasak, maka kamu dapat memanfaatkan keahlian kulinermu dengan mulai membuka layanan membuat makan siang dari rumah atau membuat toko roti sendiri di rumah. Kamu bisa menerima pesanan sesuai kenyamanan waktumu tanpa harus kerepotan pergi ke toko. Kamu juga bisa mulai dengan layanan katering kepada tetanggamu. Yang kamu butuhkan awalnya hanya publikasi melalui media sosial atau dari mulut ke mulut.

2. Layanan pengasuhan dan penitipan anak

Ada banyak orangtua di luar sana yang bekerja, tetapi tidak memiliki tempat yang aman untuk meninggalkan anak-anak mereka. Kadang-kadang ketika mereka mendapatkan istirahat, pasangan ingin berkencan dan menghabiskan waktu luang satu sama lain, tetapi sekali lagi, meninggalkan anak-anak sendirian di rumah adalah masalah besar. Datang untuk menyelamatkan orang-orang seperti itu dengan memulai dengan layanan pengasuhan anak. Orang tua dapat menurunkan anak-anak mereka di rumahmu, dan kamu dapat merawat mereka dengan mudah. Anda mungkin harus berinvestasi sedikit pada awalnya untuk mendapatkan beberapa makanan ramah anak, buku anak-anak, mainan dll. Untuk membuat orang tua percaya bahwa kamu dapat merawat anak-anak mereka dengan baik.

 

[Fimela] Carfting
Hobi kerajinan tangan | unsplash.com/@luandesign

3. Kelas pelatihan atau tempat les

Meskipun sekolah reguler adalah yang terbaik, ada beberapa anak yang membutuhkan bantuan dalam bidang akademik mereka di luar itu. Kamu dapat membantu anak-anak tersebut dengan menawarkan kelas pelatihan dari rumah, baik secara satu per satu, atau dalam kelompok kecil. Kelas-kelas ini dapat diadakan di malam hari atau di sore hari, tergantung pada bagaimana orang tua dari anak-anak ini ingin mereka belajar. Dan kamu dapat fleksibel menentukan hari untuk mereka dapat elajar dirumahmu. Selain itu, kamu juga dapat memberikan pelatihan dalam hobi juga, seperti melukis, mengajar alat musik, menari, menyanyi, mengajar bahasa dan banyak lagi.

4. Pekerjaan online

Ini adalah pekerjaan yang paling dicari di masa sekarang. Kamu dapat memilih untuk menjadi penulis konten untuk berbagai blog, situs web, dan portal online. Ada juga pekerjaan terjemahan yang tersedia secara online, jadi jika kamu pandai berbagai bahasa, kamu pasti dapat mencoba hal-hal seperti itu. Ada juga permintaan untuk editor video, desainer, ilustrator, spesialis animasi, fotografer, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengatur fleksibilitas waktumu sendiri untuk itu.

5. Seni dan kerajinan tangan

Jika kamu pandai membuat yang terbaik dari limbah, atau mengubah kain menjadi karya, maka mungkin kamu bisa menjual barang-barang itu juga. Ada banyak orang hari ini yang telah memulai dengan bisnis seni berbasis rumahan mereka sendiri, menjual barang-barang yang telah mereka ciptakan, termasuk motif, taplak meja, pahatan, dan banyak lagi. Jika kamu memiliki bakat untuk membuat hal-hal menarik, maka mulailah dengan publikasi online, dan kamu akan menerima beberapa pesanan yang akan membantumu mendapatkan banyak uang.

 

Reporter : Helena Yupita