Sukses

6 Alasan Bangun Usaha Sendiri Lebih Berisiko Dibanding Ikut Waralaba

Membangun identitas merek itu sulit dan memakan waktu, seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seseorang yang memulai membuka bisnis, tentu sebelumnya banyak hal yang dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuka bisnis yang dipilihnya. Pertimbangan tersebut seperti risiko dan segala kemungkinan untung-rugi dari sebuah bisnis.

Pada tahap awal eksplorasi bisnis, biasanya Anda harus mempertimbangkan apakah ingin membangun bisnis baru atau startup atau membeli ke waralaba (franchise). Keduanya memiliki risiko masing-masing. Namun sebagian besar ditentukan oleh kepribadian wirausahawan itu sendiri.

Jika dilihat dari risiko, startup jauh lebih besar daripada menanamkan uang dalam bisnis waralaba.

Berikut alasan kenapa startup lebih berisiko daripada bisnis waralaba, dilansir dari Entepreneur.com, Jumat (24/1/2020):

1. Anda harus membangun merek Anda sendiri

Membangun identitas merek itu sulit dan memakan waktu, seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Sebagian besar pemilik bisnis tidak memiliki waktu dan sumber daya, untuk menghabiskan waktu bertahun-tahun membangun sebuah merek dari awal, sehingga mereka gagal di tengah perjalanan.

Entah kegagalan itu muncul dikarenakan adanya bisnis waralaba yang datang dengan merek yang sudah dibangun, termasuk logo, slogan, pakaian tim dan banyak lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kesalahan jadi milik Anda

Sebuah pepatah mengatakan bahwa kegagalan hanya milik Anda, dan ternyata itu benar adanya. Mungkin sebelum Anda mengalami kegagalan, Anda sebelumnya sudah diberi saran dan nasihat oleh teman, keluarga, atau saudara terkait bisnis yang sedang Anda bangun, tapi Anda malah mengabaikan saran tersebut, sehingga berdampak terhadap bisnis Anda.

Maka, Anda jangan mengabaikan saran dari orang lain, tapi berusahalah untuk menerimakan. karena saran itu sangat berguna untuk membantu Anda memutuskan sesuatu. Serta Anda harus memperkirakan dampak dari keputusan yang Anda ambil.Seperti Bisnis waralaba yang telah mempertimbangkan segala kemungkinan.

 

3 dari 6 halaman

3. Anda beroperasi tanpa jaring

Sistem pendukung sangat penting untuk kesuksesan bisnis, karena bahkan bisnis terbaik sekalipun akan menghadapi tantangan. Ketika segalanya menjadi sulit, pemilik startup harus mengandalkan diri mereka sendiri, untuk mencari tahu bagaimana mengatasi masalah dan kembali ke yang baik.

Bisnis waralaba bangga dalam menawarkan dukungan yang tak tertandingi, untuk franchise, menawarkan dukungan 24 jam dari tim perusahaan, direktur regional dan bimbingan rekan.

 

4 dari 6 halaman

4. Pembiayaan bisa membuat frustasi

Pemilik pemula harus melakukan semua kerja keras sendiri untuk mendapatkan pembiayaan untuk bisnis mereka. Mereka harus menulis rencana bisnis mereka sendiri, kemudian menjual ide mereka kepada keluarga, teman atau bank lokal untuk mendapatkan dana.

Lebih dari itu, sebagian besar pemilik bisnis independen yang bercita-cita tinggi jarang tahu berapa banyak, uang yang mereka perlukan untuk memulai bisnis mereka dan berapa banyak yang mereka perlukan untuk bertahan hidup selama tahun-tahun, ketika bisnis mulai berkembang. Bisnis waralaba akan membantu para kandidat membuat rencana bisnis mereka, sering kali dapat membantu dengan mitra yang disukai untuk pembiayaan dan dapat memberi tahu para kandidat, berapa banyak uang yang mereka perlukan untuk menjadi pemilik waralaba.

 

5 dari 6 halaman

5. Sumber daya operasional

Apa pun bisnis yang Anda pilih, Anda akan membutuhkan pemasok untuk mengoperasikan bisnis Anda. Bahkan bisnis terkecil sering membutuhkan dukungan situs web, alat tulis, bantuan hukum, keuangan dan pemasaran. Untuk toko batu bata dan mortir, tempelkan barang, perlengkapan industri, papan nama, dan banyak lagi.

Sedangkan bisnis waralaba dapat menawarkan sumber daya itu sendiri atau menyediakan kandidat dengan vendor pihak ketiga yang disukai. Bukan hanya itu, tetapi karena skala di mana mereka beroperasi, mereka dapat mengamankan produk dan layanan untuk franchisee mereka dengan diskon, dari apa yang mungkin dibayar oleh bisnis independen.

 

6 dari 6 halaman

6. Anda perlu membuat kerangka kerja Anda sendiri untuk sukses

Terlalu sering, bisnis gagal karena pemiliknya terlalu terikat dengan pekerjaan dan hampir tidak cukup pintar dalam hal memiliki dan mengoperasikan bisnis.Bisnis waralaba umumnya tidak memerlukan kandidat untuk memiliki pengetahuan operasional bisnis yang kuat, karena mereka sudah memiliki sistem untuk diikuti dan mereka dengan jelas menjelaskan jenis keahlian yang mereka butuhkan untuk berhasil sebagai pemilik waralaba.

Namun, bukan berarti bisnis waralaba tidak memiliki risiko. Apakah Anda berinvestasi dalam peluang startup atau bisnis waralaba, tidak ada jaminan kesuksesan. Namun, calon pengusaha bersemangat untuk membuka usaha kecil, tetapi kurang memiliki pengetahuan atau pengalaman untuk melakukannya akan lebih bijaksana untuk mempertimbangkan bisnis waralaba, untuk mengurangi risiko sambil membangun gaya hidup yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini