Sukses

Tangkal Pencucian Uang, BCA Dukung PPATK Terapkan Sistem Pelaporan GoAML

Sistem tersebut dinilai lebih efisien dan efektif bagi pelapor transaksi keuangan seperti perbankan.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berencana menerapkan sistem pelaporan dan pertukaran data melalui GoAML mulai Februari 2020.

PPATK hingga saat ini diketahui masih menggunakan Gathering Reports and Processing Information System (GRIPS) dalam mekanisme pelaporan dan proses bisnis PPATK.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), Jahja Setiaatmadja mendukung PPATK menggunakan sistem GoAML untuk menangkal tindak pidana pencucian uang. Sebab, sistem tersebut dinilai lebih efisien dan efektif bagi pelapor transaksi keuangan seperti perbankan.

"Dalam hal inilah peran serta PPATK dimana sudah dicoba mengambil sistem yaitu dengan adanya sistem baru GoAML. Nah saya kira ini adalah suatu sistem yang sangat efektif dan efisien yang membantu para pelapor karena apa karena kita bisa melihat ini disediakan platform yang sama untuk mengamat transaksi mencurigakan dan kiriman uang masuk. Itu dalam satu platform," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/1).

Jahja juga mengajak seluruh perbankan baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun swasta untuk bersama-sama melaporkan transaksi ke dalam GoAML.

Dengan demikian, perbankan bisa membantu PPATK menemukan dan menyelidiki transaksi yang diragukan ataupun mencurigakan.

"Terkait pencucian uang atau money loundering kita sepakat untuk kita cegah dan berantas. Tentu ada satu alat untuk mengikuti aliran dana. Itu sebagai fakta penting. Peran serta kita sebagai perbankan sebagai salah satu pelapor, mestinya sangat penting tentunya dengan kerja sama badan penegak hukum lembaga yang juga berkaitan dengan pengawas, serta ini bermuara pada PPATK yang menampung keseluruhan data yang diperlukan," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Kerja

GoAML merupakan aplikasi yang sesuai proses bisnis Financial Intelligence Unit (FIU). Pihak Pelapor, Lembaga Pengawas dan Pengatur, serta aparat penegak hukum nantinya akan berada pada 1 aplikasi untuk meningkatkan efektivitas koordinasi.

GoAML juga akan mempermudah fungsi PPATK dalam melakukan pertukaran data dan informasi dengan FIU negara lain, karena sedikitnya tercatat 50 FIU telah mengimplementasikan program ini, dengan 60 di antaranya dalam proses implementasi.

Dengan penggunaan platform dan format data yang sama, diharapkan dapat memperkuat fungsi PPATK dalam bidang pencegahan dan pemberantasan TPPU dan TPPT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Central Asia Asia atau BCA merupakan salah satu bank di Indonesia yang dimiliki perusahaan produsen rokok terbesar keempat, Djarum.

    BCA

  • PPATK merupakan singkatan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

    PPATK

  • GoAML