Sukses

119 Miliarder Akan Hadiri Forum Ekonomi Dunia di Swiss pada Pekan Ini

WEF mempertahankan status sebagai pusat jaringan utama orang-orang terkaya dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 119 miliarder dunia akan menghadiri agenda tahun Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) 2020 di Davos, Swiss, yang berlangsung 20-23 Januari 2020.

Sekelompok pengusaha besar dengan kekayaan total sekitar USD500 miliar (Rp6.900 triliun) hadir pada kesempatan tersebut. Seperti pendiri Bridgewater Associates LP Ray Dalio, Chairman Blackstone Group Steve Schwarznab, hingga CEO JPMorgan Chase & Co Jamie Dimon.

Mereka tercantum sebagai tamu bersama 2.000 tokoh lainnya yang mewakili sekitar 100 negara di acara pertemuan tahunan tersebut.

Dengan begitu, WEF mempertahankan status sebagai pusat jaringan utama orang-orang terkaya dunia, yang membawa jet pribadi ke tempat tersebut meski banyak diterjang kritik lantaran eksklusivitasnya.

"Saya sudah ke sini sejak 1979. Ini telah banyak berkembang pesat sejak saat itu, tapi saya tetap lanjut ke sini demi mendapatkan banyak hal dari pertemuan ini," ujar pebisnis asal India Rahul Bajaj yang telah berkunjung ke Davos 40 kali, seperti dikutip Bloomberg, Senin (20/1/2020).

Rahul sendiri merupakan salah satu dari 18 miliarder asal India yang datang ke Davos dengan total kekayaan keseluruhan mencapai USD 100 miliar. Enam di antaranya masuk ke dalam Bloomberg Billionaire Index, atau daftar 500 orang terkaya dunia versi Bloomberg.

Bagi sebagian orang, daftar tamu yang datang tampaknya bertentangan dengan fokus acara yang mau menciptakan ekonomi berkeadilan dan mereformasi dunia kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delegasi Terbanyak dari Amerika Serikat

Adapun WFE tahun ini mengangkat tema Pemangku Kepentingan untuk Kondisi Dunia yang Terpadu dan Berkelanjutan, dengan sesi panel salah satunya membicarakan seputar keseimbangan domestik dan ketidaksetaraan global.

Amerika Serikat (AS) menjadi negara terbanyak yang mengirimkan kontingen ke WFE Davos, yakni sekitar 33 orang.

Rombongan dipimpin Presiden AS Donald Trump yang didampingi Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, serta Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Jared Kushner dan Ivanka Trump.

Posisi terbanyak kedua ditempati India, dan ketiga adalah Rusia. Taipan seperti Oleg Deripaska dan Viktor Vekselberg termasuk diantara orang-orang terkaya Negeri Beruang Merah yang akan hadir, dimana keduanya tengah berada di bawah sanksi Amerika Serikat.

Di luar daftar peserta resmi, selalu ada banyak pengunjung tak resmi dan penjelajah dunia bergerak ke Davos tanpa diketahui. Gurauan klasik di resort ski mengatakan, pertemuan paling penting adalah yang kau tak ketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini