Sukses

Tips Mencapai Puncak Karier di Usia yang Tak Lagi Muda

Bagi Anda yang ingin melanjutkan karier walau sudah tiba di usia pensiun, berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Stigma orang-orang terhadap masa pensiun, tidak sama seperti dulu. Seperti di Amerika. Banyak warga di negara Adidaya tersebut yang justru memperpanjang tahun kerja mereka.

Menurut Pusat Studi Pensiun Transamerica, seperti mengutip laman CNBC, mayoritas pekerja mengatakan mereka berharap untuk berhenti bekerja pada kisaran usia 65 tahun. Atau bahkan malah tidak pernah untuk memutuskan pensiun sama sekali, menurut temuan penelitian tersebut.

Secara historis, awal tahun adalah waktu paling populer untuk mencari pekerjaan baru. Itu karena aktivitas lamaran kerja melonjak 22 persen pada Januari.

Pada tahun ini, jumlah pencari kerja lebih banyak. Namun, bagi para manula, mencoba untuk memulai karier baru akan terasa sangat rumit dan mengasingkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Tipsnya

1. Pelajari bidang yang ingin digeluti

“Mulailah dengan mempelajarinya di rumah,” kata Catherine Collinson, Presiden dan CEO Transamerica Institute dan Transamerica Center for Retirement Studies.

Menurut dia, cakupan pasar kerja Anda akan meningkatkan peluang kerja.

Dari sana, perhatikan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan, saran Kerry Hannon, penulis ” Never Too To To Rich: Panduan Pengusaha untuk Memulai Bisnis Mid-Life.

“Jika kamu tidak memiliki keahlian di spesial di bidang itu, kamu perlu mencoba menemukan cara untuk mendapatkannya," kata dia.

2. Keterampilan yang kurang Anda miliki

Ada keterampilan dasar tertentu, seperti Microsoft Office, yang merupakan keharusan, menurut Collinson. “Itu layaknya tiket keharusan yang perlu Anda miliki,” jelas. 

Untuk itu, pertimbangkan kursus pendidikan berkelanjutan, kelas online, program sertifikasi, atau bootcamp untuk mendapatkan kecepatan pada teknologi terbaru yang relevan bagi Anda.

3. Sorot keterampilan yang Anda miliki

Untuk mendapatkan salah satu posisi yang paling diminati saat ini, keterampilan interpersonal menjadi hal penting. Di situlah Anda dapat menggunakan usia untuk mendapatkan keuntungan.

Semakin banyak pengusaha mencari karyawan yang memiliki soft skill, seperti komunikasi, organisasi dan perhatian terhadap detail, menurut CareerBuilder.

Faktanya, 80 persen pengusaha mengatakan soft skill akan sama atau lebih penting daripada hard skill saat merekrut kandidat.

“Yang benar-benar menjadi pertanda baik bagi baby boomer adalah bahwa mereka biasanya sangat berpengalaman dalam hal relasi,” kata Monster’s Salemi. “Pengalaman mereka membawa kedalaman.”

3 dari 3 halaman

4. Buat Branding di Media Sosial

Dari LinkedIn ke Instagram, persona online Anda adalah cara yang bagus untuk menyoroti kemampuan profesional sambil juga menunjukkan kemampuan untuk tetap up to date.

“Jika seorang perekrut menemukan profil dengan foto yang gemerlap dan pengalaman hebat, umur Anda tidak akan berarti," kata Catherine Collinson.

Jika seorang perekrut menemukan profil dengan foto Anda beserta pengalaman hebat yang dimiliki, usia bisa jadi tidak akan menjadi masalah.

Namun, media sosial hadir dengan jebakan yang dapat mengelabui, bahkan pencari kerja yang paling berpengalaman pun.

“Ada cara untuk membangun branding pribadi Anda dan keterampilan dan pengalaman Anda yang dapat membantu tetapi ada juga cara Anda bisa menembak diri sendiri dan membuat diri kurang bisa dipekerjakan,” kata Collinson.

Dengan kata lain, “jangan memposting hal-hal bodoh,” katanya, termasuk selfie di pantai, konsumsi alkohol atau hiburan non-profesional lainnya.

5. Menangkal Ageisme

“Ageisme hidup dan sehat,” kata Hannon. Untuk mencegah diskriminasi, "Anda harus menunjukkan bahwa memiliki energi sehingga bisa menularkan semangat kepada yang lain.”

 “Anda perlu memiliki hal yang sehat untuk melawan usia yang menginjak tua,” tambahnya.

Hannon menyarankan pencari kerja untuk tetap aktif dan memasukkan perubahan gaya hidup positif ke dalam jejak karir mereka.

“Itu sangat membantu Anda mendapatkan pekerjaan.”

 6. Sibukkan Diri 

Ketika Anda ingin memoles resume, dengan memasukkan tentang kepemilikan keterampilan dan jaringan, pertimbangkan untuk memasukkan posisi sebagai tenaga sukarela, saran Collinson.

“Melakukan pekerjaan sukarela adalah satu lagi cara untuk menempatkan diri di luar sana, yang dapat mengarah pada peluang kerja,” jelas dia.

Dari organisasi nirlaba lokal hingga organisasi nasional, ada banyak cara untuk membantu yang sering disertai dengan fleksibilitas dan bahkan pelatihan.

“Ini cara yang bagus untuk membangun keterampilan dan pengalaman, meningkatkan jaringan dan membuat perbedaan,” kata Collinson.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.