Sukses

Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar Koordinasi Tanggulangi Banjir

Kementerian PUPR tengah melakukan beberapa cara dalam menanggulangi banjir di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) untuk melaksanakan aksi penanggulangan banjir di sejumlah titik rawan di Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada 9 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sempat tertimpa musibah banjir pada awal Januari ini. Yakni Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Menurut Menteri Basuki, salah satu infrastruktur penangkal banjir yang cukup efektif yakni Terowongan Nanjung di Curug Jompong. Beroperasinya terowongan itu membuat banjir di cekungan Bandung seperti daerah Dayeuhkolot tidak berlangsung lama, bahkan nyaris tidak terdengar adanya banjir.

"Untuk banjir Citarum, kami ingin sampaikan dengan hujan paling besar pada 17 Desember (2019) banjir tidak berkepanjangan di Dayeuhkolot, karena beroperasinya Terowongan Nanjung berfungsi untuk memperlancar aliran Sungai Citarum ke hilir," terang Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/1/2020).

Lebih lanjut, Menteri Basuki menyampaikan, untuk mengurangi banjir di cekungan Bandung secara signifikan, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum tengah menyelesaikan Sodetan Cisangkuy yang bisa mengalirkan 80 persen air dari sungai Cisangkuy langsung ke Citarum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2020 Banjir Bisa Terkendali

Dia berharap April 2020 proyek sodetan Cisangkuy ini bisa selesai, sehingga banjir di Dayeuhkolot dan sekitarnya bisa dikendalikan secara optimal.

"Dengan demikian saya ingin tahun 2020 ini banjir di cekungan Bandung bisa kita kendalikan dan lebih baik. Karena saya harus memfokuskan ke hilir, seperti Karawang, Muara Gembong, Cilamaya yang tahun ini juga terkena banjir besar. Kita akan bangun Bendungan Cibeet dan Cijuray yang ditargetkan bisa terealisasi mulai tahun depan dan pembangunan bendungan diharapkan selesai paling lambat 2024," paparnya.

"Karena Cibeet ada di Kabupaten Bogor untuk mengendalikan banjir di Karawang dan Bekasi, sehingga penduduk ingin ada bendungan sendiri di Cijuray untuk irigasi di Kabupaten Bogor. Kita pastikan itu (Bendungan Cibeet dan Cijuray) dibangun dua-duanya kalau diperlukan rakyat, tidak perlu mana yang duluan," tambahnya.

Sementara untuk Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang akan berfungsi sebagai pengendali banjir di Jakarta, Menteri Basuki berharap bendungan tersebut bisa beroperasi di akhir 2020. Adapun pembebasan lahan untuk kedua bendungan tersebut sudah mencapai 98 persen, sementara progres pembangunan sendiri mendekati 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.