Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini

Oleh Gilar Ramdhani pada 17 Jan 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 20:00 WIB
Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini

Liputan6.com, Jakarta Hidup hemat dan tidak boros memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan seseorang. Selain menyehatkan keuangan, hidup hemat juga menjadi jalan untuk membuat hidup lebih bahagia. Dengan memiliki banyak uang yang tersisa, tentunya bisa membeli kebutuhan lain yang lebih penting.

Praktiknya, hidup hemat mudah untuk diucapkan dan sulit diterapkan dalam sehari-hari. Godaan selalu saja datang menghampiri sehingga tidak jarang keluar uang untuk sesuatu yang belum penting. Belanja tidak lagi karena kebutuhan melainkan lebih pada keinginan dan nafsu semata.

Nah, agar uang tidak cepat habis padahal masih tanggal muda, kamu sebagai milenial perlu punya kebiasaan ini dalam mengelola keuangan.

1. Disiplin mengatur uang

Langkah awal adalah disiplin mengatur uang. Saat kamu memutuskan untuk berhemat, pastikan tidak hanya bertahan seminggu saja, tetapi bisa terus berlanjut. Mulai disiplin dengan berbelanja sesuai kebutuhan. Lawan kebiasaan boros atau mengeluarkan uang yang tak perlu.

2 dari 3 halaman

2. Catat pengeluaran

©Shutterstock
©Shutterstock

Ingin menjaga pendapatan kamu, mulailah dengan rutin mencatat pengeluaran. Catat yang umum saja dulu, mulai dari harian atau mingguan selama sebulan. Lakukan analisa sederhana terhadap pengeluaran bulanan kamu. Beri tanda yang wajib, tidak wajib, dan pelengkap. Jangan sampai yang tidak wajib atau pelengkap angkanya lebih besar dari kebutuhan wajib.

3. Hindari persaingan gaya hidup 

Kalau kamu terlahir sebagai "Anak Sultan" bebas saja kalau gaya hidupmu ingin selalu bersaing, harta tak ada habisnya. Namun, jika terlahir dalam kalangan biasa ya jangan memelihara sifat selalu bersaing dalam gaya hidup. Ini malah bikin kamu jadi boros. Fokus saja pada gaya hidup sederhana, sehat dan sejahterah. Berhenti bersikap boros dan gengsian.

4. Jaga kesehatan

Sakit itu mahal, meskipun kamu memiliki asuransi dan peserta BPJS. Praktiknya tetap saja ada uang yang dikeluarkan untuk memulihkan keadaan. Oleh sebab itu, mulai hari ini, kamu harus menjaga kesehatan. Dengan cara menjaga makan, perbanyak minum air putih, dan makan buah dan sayur-sayuran, kurangi jajanan tidak sehat, seimbangkan dengan olahraga secara teratur.

3 dari 3 halaman

5. Bayar tagihan bulanan lewat Dana

Hidup kita saat ini tidak lepas dari tagihan bulanan, mulai dari tagihan listrik, air, pulsa, internet hingga BPJS. Untuk keuangan yang lebih hemat, baik dan teratur, kamu bisa bayar tagihan bulanan melalui DANA. Sebagai salah satu dompet digital di Indonesia, DANA memiliki sejumlah fungsi dan fitur yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari dan bulanan para penggunanya.

Agar Uang Tidak Cepat Habis, Milenial Wajib Lakukan 6 Hal ini
DANA, satu aplikasi untuk semua pembayaran.

Pembayaran tagihan bulanan di aplikasi DANA terbilang mudah dan cepat. Dengan menggunakan fitur "Manage Bill" atau atur tagihan, kamu bisa bayar tagihan tepat waktu, tanpa khawatir lagi kena denda. Selain tagihan listrik dan air, DANA juga bisa untuk kebutuhan lain seperti pembelian pulsa, paket internet hingga iuran rutin BPJS.

Semua bisa dilakukan dengan aplikasi DANA yang ada di smartphone kamu. Tanpa perlu beranjak dari tempat duduk, kamu sudah bisa menyelesaikan semua tagihan bulanan. Hemat biaya transportasi dan tak perlu banyak buang waktu

6. Manfaatkan promo dan cashback

Untuk menekan pengeluaran sehari-hari maupun bulanan kamu bisa manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan marketplace dan berbagai merchant yang ada, termasuk DANA yang rutin menghadirkan promo kuliner dan belanja serta cashback menarik. Selain itu, transaksi elektronik kini semakin praktis karena DANA telah mengadopsi teknologi QRIS. Kehadiran DANA QRIS memperluas akses dan efisiensi transaksi melalui satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital QRIS.

Itulah enam kebiasaan yang perlu dimiliki anak-anak muda dan milenial jaman sekarang. Ingatlah bahwa "Hemat Pangkal Kaya, Boros Pangkal Miskin".

Lanjutkan Membaca ↓