OJK Nyatakan Sunarso Lulus Ujian jadi Dirut BRI

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 16 Jan 2020, 17:20 WIB
Diperbarui 16 Jan 2020, 17:20 WIB
Dirut BRI Sunarso

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Sunarso telah resmi lulus fit and proper test sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI. Selain Sunarso, lima jajaran direksi baru lainnya pun telah lulus ujian tersebut.

"Sudah, sudah beres, sudah enggak ada masalah," ujar Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana di Ritz-Charlton Hotel, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Sunarso sendiri telah menjalankan fit and proper test yang digelar OJK pada Desember 2019. Hasil uji kelayikan dan kepatutan tersebut seharusnya diumumkan pada akhir tahun lalu juga.

Lebih lanjut, Heru menyampaikan, keputusan OJK mengeluarkan hasil tes tersebut juga tergantung pada seberapa cepat pihak peserta tes mengirimkan dokumen kepada instansi.

"Kalau cepet ya kita cepet , kalau mereka lambat ya kita tunggu dokumennya. Karena dokumen itu memenuhi tata kelola yang baik," ungkap Heru.

 

2 dari 3 halaman

Mempengaruhi Kinerja

Sah, Sunarso Jabat Direktur Utama BRI
Direktur Utama Bank BRI Sunarso (tengah) foto bersama jajaran direksi usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (2/9/2019). Posisi Wakil Direktur Utama Bank BRI yang ditinggalkan Sunarso kini diisi oleh Catur Budi Harto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia pun tak mau pihak pengaju memberikan dokumen secara asal, sebab itu dapat berdampak terhadap kinerja yang bersangkutan dalam memimpin perusahaan barunya.

"Jangan sampai orang-orang yang dengan record yang jelek diluluskan oleh kita dan tata kelola government bank itu kan salah satuya ada di pengurusnya," imbuh Heru.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
5 Rekomendasi Film untuk Temani Selama Work From Home