Sukses

Jokowi Tinjau Flexiwork, Sistem yang Mudahkan PNS Kerja dari Rumah

Presiden Jokowi meninjau integrated digital work (IDW) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau integrated digital work (IDW) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas Jakarta, Kamis (16/1/2020). IDW tersebut telah dimulai pada awal 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat masuk ke ruang pemantauan atau situation room untuk melihat perkembangan terkini rencana kerja kementerian/lembaga tahun 2020 serta detail program kerja pemerintah melalui layar-layar monitor.

Kemudian, Jokowi meninjau ruang kerja bersama (co-working space) Benny S. Muljana, yang bisa dimanfaatkan oleh para pegawai Bappenas untuk bekerja secara lebih terbuka.

Selanjutnya, dia meninjau Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto, di mana saat itu beberapa pegawai Bappenas tengah berkumpul dan berdiskusi mengenai penerapan kerja fleksibel (flexiwork) di Kementerian PPN/Bappenas.

Untuk diketahui, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas berinisiatif melakukan uji coba penerapan cara kerja baru yang lebih fleksibel, baik dalam hal waktu maupun tempat bekerja, serta berbasis digital (smart office).

Konsep IDW ini dirancang untuk memungkinkan Kementerian PPN/Bappenas berperan efektif sebagai clearing house program. Hal itu sebagaimana arahan Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Kerja Sama

Sementara itu, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan IDW ini khusus dirancang untuk memperkuat kerja sama di antara para perencana, serta sebagai sarana knowledge sharing dan penguatan metode analisis perencanaan pembanguna. Sehingga, produk perencanaan pembangunan semakin berkualitas.

Suharso mengaku bawa kementeriannya adalah instansi pemerintah pertama yang mengimplementasikan IDW dan diharapkan dapat menjadi percontohan instansi pemerintah lainnya.

"Paling tidak ada 4 Kementerian dan Daerah, jadi kita akan menjadi contoh. Teruslah menjadi yang terbaik. Kita ingin membuat sejarah, salah satunya dengan Integrated Digital Workplace ini," ujar Menteri PPN di akhir acara dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet, Kamis (16/1/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.