Sukses

Strategi Manulife Genjot Penjualan

Agen asuransi tidak hanya dituntut mampu menjual produk asuransi semata.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi digital kini sudah harus menjadi perhatian perusahaan. Salah satunya pada sektor asuransi. Agen asuransi tidak hanya dituntut mampu menjual produk asuransi saja, tetapi juga harus piawai dan bergaul erat dengan dunia digital agar tidak tertinggal.

Kondisi ini yang membuat perusahaan asuransi Manulife Indonesia meluncurkan aplikasi MiLearn. Ini merupakan aplikasi pelatihan digital yang sangat berguna untuk tenaga pemasar baik agen maupun financial specialist Manulife. Mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan mengakses aplikasi itu setiap saat, melalui gadget.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland di Jakarta mengatakan, kehadiran MiLearn diharapkan dapat memudahkan tenaga pemasar menjalankan peran mereka memberi solusi perencanaan keuangan profesional dan berkualitas kepada seluruh nasabah.

Kehadiran layanan digital MiLearn diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan perusahaan. Selain mampu meningkatkan jumlah nasabah, Ryan juga berharap kehadiran aplikasi MiLearn ini mampu menaikan angka penjualan Manulife Indonesia di tahun 2020 ini.

Aplikasi MiLearn ini merupakan alat untuk membantu para agen dalam melayani nasabah. Dikatakan, saat ini Manulife Indonesia memiliki 2,5 juta nasabah dan 7.000 agen di seluruh Indonesia.

Director and Chief Operating Officer Manulife Indonesia Hans De Waal mengatakan, materi dalam aplikasi MiLearn ini lebih detail dan komplit. Harapannya, para agen bisa mendapatkan apa yang dibutuhkannya dengan lebih baik sehingga mereka juga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi nasabah.

“Kami fokuskan semua layanan ini menjadi satu kesatuan yang menyeluruh yakni melakukan inovasi layanan maupun membekali para tenaga pemasar dan karyawan, sehingga tujuan perusahaan untuk terus memprioritaskan kebutuhan nasabah dapat terus terlaksana,” kata dia.

Menurut Hans, bukti Manulife Indonesia fokus pada nasabah juga terlihat dari jumlah klaim yang dibayar. Berdasarkan data per November 2019, Manulife Indonesia telah membayarkan klaim sebesar Rp 5,3 triliun (un-audited) atau setara dengan Rp 15 miliar per hari atau Rp 608 juta per jam kepada nasabah.

Kendati tidak memasang target khusus terkait peningkatan penjualan, tetapi Hans mengakui bahwa dengan adanya fasilitas ini maka para agennya akan mendapatkan materi yang cukup sesuai kebutuhan mereka. “Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan penjualan juga,” ujar Hans.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada tahun 2018 melaporkan perolehan laba sebesar Rp 2,6 triliun. Pencapaian ini meningkat 170 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, pendapatan premi bersih meningkat 4 persen menjadi Rp 9,2 triliun pada 2018.

Selain itu, jumlah ekuitas juga naik sebesar 4 persen menjadi Rp 11,5 triliun. Sementara itu, klaim yang dibayarkan kepada nasabah mencapai lebih dari Rp 5,5 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp 300 miliar dibayarkan untuk klaim kematian, Rp 500 miliar klaim kecelakaan dan kesehatan, Rp 800 miliar klaim jatuh tempo, dan unit link sebesar Rp 380 miliar.

Agen

Manfaat aplikasi MiLearn sangat dirasakan para agen Manulife. “Saya semakin percaya diri setelah menggunakan MiLearn,” ujar Goppy Hutasoit yang sudah menjadi agen Manulife sejak 1 Juli 2005.

Ia mengakui, aplikasi MiLearn sangat membantu pekerjaannya. Lewat aplikasi MiLearn, ia bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Dia dapat mengikuti semua materi pelatihan dan mengulanginya kembali jika diperlukan tanpa harus bertatap muka dengan trainer di ruang kelas.

“Waktu menjadi efisien. Dulu, harus ikut training tujuh hari dan harus menguasai semua materi. Sekarang, bisa menyesuaikan waktu untuk mempelajari materi pelatihan di aplikasi MiLearn tanpa mengganggu aktivitas kita. Kalau ada yang kelupaan, masih bisa kita pelajari lagi dari tutorial di aplikasi. Ini sangat membuat kita percaya diri saat bertemu calon customer,” tandasnya.

Goppy menambahkan, aplikasi itu juga meningkatkan kinerjanya dalam pemasaran produk. “Saya malah bisa cepat closing,” tambahnya.

Respons PositifHal senada disampaikan oleh agen Manulife asal Bandung, Jawa Barat, Fenny Nurhayati. Wanita yang sudah delapan tahun ini menjadi agen Manulife Indonesia tersebut mengakui, kehadiran aplikasi MiLearn ini sangat membantu aktivitasnya sebagai tenaga pemasar Manulife di daerah.

Pasalnya, dengan aplikasi ini, ia sangat terbantu dalam memberikan pelayanan pada nasabah. Aplikasi MiLearn, tutur Fenny, sangat membantunya yang berada di daerah karena ia bisa mengakses materi-materi yang menjadi kebutuhannya setiap saat.

“Di mana pun saya bisa belajar dan tidak terikat waktu lagi seperti training zaman dulu yang harus hadir di kelas. Kini, dalam perjalanan atau sambil menunggu nasabah, saya bisa akses materi yang saya butuhkan untuk mempelajarinya. Hal ini sangat memudahkan dan mendukung pekerjaan agen,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Manulife adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

    Manulife

Video Terkini