Sukses

Mau Karier Melesat, Miliki Dulu Kemampuan Ini

Jika ingin menjadi profesional muda yang sukses, berikut ini adalah beberapa soft skill yang wajib miliki

Liputan6.com, Jakarta Berniat menjadi seorang profesional muda yang sukses di masa depan? Anda tentu sudah membekali diri dengan pendidikan yang mendukung.

Pendidikan dan juga keahlian yang tepat merupakan dua hal yang wajib dimiliki sejak awal. Semua ini akan membawa langkah Anda menuju kesuksesan menjadi lebih mudah dan cepat.

Namun di luar hal tersebut, soft skill juga menjadi hal lainnya yang tak bisa Anda lupakan.

Di dalam praktiknya, Anda tidak hanya membutuhkan bekal pendidikan dan juga keahlian saja, namun berbagai soft skill lainnya untuk kesuksesan karier di masa yang akan datang. 

Tantangan bukan hanya datang dari pekerjaan yang digeluti saja, namun dari lingkungan dan berbagai hal lainnya di sekitar Anda. Untuk mengimbangi berbagai tantangan ini, pastikan Anda sudah memiliki soft skill yang tepat dan mumpuni.

Jika ingin menjadi profesional muda yang sukses, berikut ini adalah beberapa soft skill yang wajib miliki, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kemampuan Berkomunikasi 

Komunikasi yang lancar menjadi hal penting dan wajib dimiliki untuk mendapatkan kesuksesan. Anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, sebab hal ini akan membuat berbagai urusan menjadi lebih mudah dan bisa berjalan dengan lancar.

Latihlah kemampuan komunikasi sejak dini, sehingga hal ini terlihat alami dan menjadi bagian dari diri Anda. Jadi kemampuan komunikasi itu penting untuk menunjukkan apa yang Anda mampu dan isi kepala Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kritis dan Cerdas dalam Berpikir

Seorang profesional harus memiliki kemampuan berpikir yang cerdas dan kritis, terutama terkait dengan berbagai pekerjaannya.

Untuk hal yang satu ini, Anda tentu perlu memiliki wawasan yang cukup luas, sehingga punya pandangan yang juga luas terhadap berbagai hal, terutama terkait dengan pekerjaan yang sedang digeluti.

3. Punya Kemampuan Manajemen Waktu yang Baik

Disiplin yang tinggi akan sangat dibutuhkan dalam membangun kesuksesan, dan hal seperti ini hanya didapatkan dari manajemen waktu yang baik sejak awal.

Kelola semua waktu dengan cara yang baik dan cerdas, sehingga berbagai urusan dan juga hal penting di dalam hidup Anda bisa diselesaikan dengan tepat serta sesuai harapan. 

3 dari 5 halaman

4. Mampu Mengakses dan Mengolah Informasi

Jika ingin menjadi profesional yang sukses, maka harus mampu mengakses berbagai informasi terkini yang dibutuhkan di dalam pekerjaan Anda. Hal ini tentu berkaitan dengan penggunaan dan pemanfaatan berbagai teknologi modern yang saat ini berkembang.

Cara Anda mengakses dan mengolah informasi yang dibutuhkan, akan sangat memengaruhi berbagai keputusan yang Anda ambil di dalam pekerjaan.

5. Kreatif dan Inovatif

Jangan hanya menjadi profesional yang biasa dan memiliki kemampuan rata-rata saja, karena yang seperti ini sudah banyak di luar sana.

Jadilah profesional yang kreatif dan inovatif, di mana Anda terbiasa menghasilkan berbagai pemikiran yang berbeda dan tentunya memiliki dampak positif di dalam karier dan kehidupan Anda. 

4 dari 5 halaman

6. Memiliki Jiwa Pemimpin

Anda harus bersiap-siap untuk sukses dan menjadi seorang pemimpin yang cerdas, bahkan meski Anda baru saja mengawali karier.

Pastikan Anda memiliki jiwa pemimpin di dalam diri, di mana Anda dapat bertanggung jawab untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan juga menangani proyek-proyek dengan cara terbaik yang Anda miliki.

7. Mampu Beradaptasi dan Mengambil Keputusan 

Untuk meraih kesuksesan, sudah pasti Anda akan terjun ke dunia kerja yang bisa saja asing bagi Anda. Hal ini wajar, terutama di saat-saat awal ketika Anda mulai merintis karier. 

Penting untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja serta orang-orang di sana. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam menimbang dan mengambil keputusan. 

5 dari 5 halaman

8. Mampu Bekerja Sama dalam Tim

Miliki juga kemampuan untuk bekerjasama dengan baik di dalam tim, mengingat Anda bisa saja bergabung dengan sebuah tim dan menangani berbagai proyek bersama dengan orang lain. 

9. Memiliki Jaringan yang Luas

Jaringan menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan, sebab Anda akan berkembang dengan maksimal. Bangun dan milikilah jaringan yang luas dan kelak bisa membantu Anda menuju titik sukses di masa yang akan datang.

Milikilah Keahlian yang Mumpuni dan Raih Sukses Berkarier

Untuk mencapai kesuksesan, Anda akan membutuhkan banyak usaha dan juga kerja keras. Bekali diri dengan keahlian dan pendidikan yang tepat, agar langkah Anda menuju sukses semakin mudah.

Selain itu, miliki juga soft skill yang akan sangat berguna dan bisa membantu Anda meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini