Sukses

Lion Air Turunkan Tarif Tiket Pesawat Domestik, Bagaimana yang Lain?

Mahalnya harga tiket pesawat sempat menjadi keluhan masyarakat karena dinilai tak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Lion Air diketahui menurunkan harga tiket pesawat rute domestik miliknya. Masyarakat pengguna pesawat terbang menyambut baik hal ini.

Akankah langkah Lion Air diikuti maskapai lainnya lainnya?

Pengamat Penerbangan, Gatot Raharjo, memprediksi hal ini tidak akan terjadi. "Sepertinya tidak akan diikuti maskapai lain, terutama Garuda Indonesia. Karena Garuda sekarang baru merasakan untung dengan harga tiket yang normal," kata dia, kepada Merdeka.com, Minggu (12/1/2020).

Demikian pula pada maskapai penerbangan Citilink. Sebab penurunan harga akan membuat maskapai tersebut menderita kerugian.

"Tapi Citilink mengikuti kebijakan Garuda, jadi bisa saja dia dikorbankan untuk bersaing dengan Lion," ujarnya.

Maskapai lain, seperti Sriwijaya Air juga diprediksi tidak akan mengambil keputusan untuk menurunkan harga tiketnya. "Kalau Sriwijaya saat ini produksi-nya dipangkas habis. Kalau dia juga pasang harga rendah, bisa rugi," ungkap Gatiti.

Lebih lanjut Gatot menilai meski sudah turun namun harga tiket Lion Air sebetulnya masih tinggi. Sebab, harga yang tertera tidak termasuk biaya bagasi.

"Sebenarnya harga tiket pesawat murah Lion itu, karena dia juga mengenakan biaya bagasi, jadi jatuhnya mahal juga," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramai Luapan Kegembiraan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun

Salah satu maskapai diketahui menurunkan harga tiket untuk rute domestik. Sebelumnya, mahalnya harga tiket pesawat sempat menjadi keluhan masyarakat karena dinilai tak masuk akal.

Kegembiraan tersebut terlihat dari postingan beberapa netizen di sosial media twitter. Salah satunya akun @yuddaardisa. "Alhamdulillah akhirnya harga tiket pesawat turun juga," tulisnya, Minggu (12/1).

Hal senada juga diungkapkan oleh akun @LYDaerr. "Demi apa tiket pesawat turun harga, biasanya ekonomi 1 jtan lebih. Semoga gini terus sampai Juli, auto terbang aku nemuin papa yebin ????," tulisnya.

Dia juga melampirkan tangkapan layar yang menunjukan harga tiket pesawat rute Pekanbaru-Jakarta dengan harga Rp 600.000-an.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Merdeka.com di salah satu Online Travel Agent harga tiket pesawat rute domestik memang mengalami penurunan.

Misalnya, dari Jakarta ke Yogyakarta kini harganya berkisar antara Rp 300.000 - Rp 400.000. Padahal, sebelumnya harga tiket ke daerah istimewa tersebut mencapai Rp 800.000 an.

Sementara itu, rute Jakarta-Medan yang sempat dikeluhkan banyak orang karena dinilai menjadi terlampau mahal kini turun. Harga tiket kembali menjadi Rp 700.000 an.

Salah satu pengguna moda transportasi pesawat, Lia mengaku senang dengan adanya penurunan harga tiket pesawat tersebut. "Sekarang harga tiket pesawat domestik sudah murah lagi ya, aku syok sekaligus terharu melihatnya. Bisa pulang kampung lagi," ujarnya kepada Merdeka.com.

Sementara itu, saat berita ini ditayangkan, pihak maskapai masih belum memberi tanggapan terkait penurunan harga tiket pesawat tersebut.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.