Sukses

Bocoran Jumlah Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019

Nilai total yang bisa didapat peserta dari ketiga tes tersebut adalah 500.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah lolos seleksi administrasi kini tengah bersiap memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan digelar pada 27 Januari-28 Februari 2020.

Dalam tes SKD pada seleksi CPNS kali ini terbagi dalam tiga tahap, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Nilai total yang bisa didapat peserta dari ketiga tes tersebut adalah 500. Namun, belum pernah ada peserta yang dapat meraih nilai maksimal sepanjang sejarah penyelenggaraan seleksi CPNS.

"Belum pernah," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono kepada Liputan6.com, Rabu (8/1/2020).

Mengacu Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019, jumlah keseluruhan soal untuk ketiga tes SKD adalah 100 butir, yang terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Nilai benar untuk satu soal akan mendapat nilai 5.

Oleh karena itu, nilai kumulatif maksimal dalam tes SKD sebesar 500. Dengan rincian nilai maksimal untuk TKP sebanyak 175, TIU sebesar 175, dan TWK sebanyak 150.

Nilai ambang batas atau passing grade untuk masing-masing tes SKD CPNS tersebut juga telah ditetapkan. Adapun nilai minimal yang harus dipenuhi antara lain 126 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Ambang Batas

Terkait nilai ambang batas, Paryono menyebutkan, BKN sendiri belum punya gambaran berapa nilai total rata-rata peserta yang lulus dalam tes SKD CPNS nanti.

"Tidak ada prediksi, karena soal juga berbeda dengan tabun lalu. Passing grade juga beda, pasti juga berbeda nilainya," ungkap Paryono.

Adapun dalam tes SKD kali ini, BKN beberapa waktu lalu sempat memberikan kisi-kisi soal yang akan dihadapi. Seperti pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang terdiri dari soal tentang nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Selanjutnya, pada Tes Intelegensia Umum (TIU) akan berupa kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Sementara pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) akan diuji seputar pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.