Sukses

Erick Thohir Bakal Gabungkan BUMN Dana Pensiun

Tujuan penyatuan ini ialah agar pengelolaan dana pensiun dapat dilakukan secara profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir akan menyatukan dana pensiun perusahaan BUMN. Tujuan penyatuan ini ialah agar pengelolaan dana pensiun dapat dilakukan secara profesional.

Meski demikian, penggabungan dana pensiun ini harus meminta izin dari Menteri Keuangan Sri Mulyani terlebih dahulu.

"Masing-masing BUMN memang kan punya dana pensiun, tapi karena ini menyangkut keuangan, jadi harus meminta persetujuan Menteri Keuangan," tutur Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (7/1/2020) malam.

Nantinya jika sudah disetujui Menkeu, pengelolaannya akan dilakukan oleh suatu pihak, apakah bank tertentu, badan tertentu atau membentuk lagi badan baru, yang tentu harus meminta persetujuan Menkeu juga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikelola Konvensional

Sementara, Arya belum bisa mengatakan berapa dana pensiun yang dikelola BUMN. Yang pasti, dana pensiun itu masih dikelola secara konvensional.

"Kadang investasi bikin rumah sakit, bikin perumahan," ujar Arya.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Bakal Bentuk Kluster BUMN Manufaktur

Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan akan segera membentuk kluster industri manufaktur. Untuk hal tersebut, dirinya menunjuk enam perusahaan BUMN untuk membentuk kluster industri manufaktur.

Direktur Utama PT Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno menyatakan, Barata akan menjadi koordinator dalam pembentukan kluster tersebut.

Adapun, enam perusahaan tersebut ialah PT Barata Indonesia (Persero), PT Boma Bisma Indra (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero), dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero).

"Di SK Pak Menteri menugaskan enam perusahaan untuk membentuk kluster tersebut," ujar Harry di Kementerian BUMN, Selasa (7/1/2020).

Nantinya, dalam pembentukan kluster industri tersebut, operasional enam BUMN akan dikonsolidasikan. Kluster tersebut bakal memproduksi kapal, turbin dan alat berat lain. Produksinya akan dilakukan di masing-masing lokasi BUMN saat ini.

"Ada enam perusahaan, dari Sabang sampai Ambon. Sabang, Ambon, Makassar, Bitung, Manado. Ada 17 lokasi," paparnya.

Diklaim Harry, kluster industri ini bakal mendukung percepatan pembangunan kilang Pertamina.

"Kita konsolidasikan operasi dulu. Saling sinergi untuk pembuatan kapal laut, lalu pemeliharaannya. Kita juga mendukung percepatan pembangunan kilang Pertamina dan pembangkit PLN," ujarnya.

Rencananya, kluster ini bakal tergabung dalam holding yang rencananya akan dibentuk tahun ini.

"Mungkin holding. Dulu namanya NSHI (National Shipbuilding and Heavy Industry). Di SK Pak Menteri kluster industri manufaktur, karena PAL kan ikut pertahanan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun