Sukses

Tips Jadi Bos dan Memulai Karir Sebagai Pekerja Lepas

Kini banyak perusahaan yang berinvestasi kepada seorang freelancer (pekerja lepas), untuk mengerjakan pekerjaannya.

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian dunia terus berkembang. Bagi yang tidak ingin bekerja di bawah kepemimpinan orang lain, dan menginginkan waktu kerja yang fleksibel, freelance atau pekerja lepasan merupakan pilihan yang tepat.

Seperti dilansir dari laman Entrepreneur.com, Kamis (20/2/2020), kini banyak perusahaan yang berinvestasi kepada seorang pekerja lepas. Dengan memberikan pekerjaan berupa proyek satu kali atau pekerjaan yang konsisten.

Investor mempercayai pekerja lepas untuk memberikan pekerjaan berkualitas tinggi, namun dengan biaya lebih murah daripada karyawan penuh waktu. Hal itu berarti ada banyak pekerjaan di luar sana untuk pekerja lepas.

Seseorang hanya perlu tahu bagaimana memanfaatkan peluang tersebut. Jika bingung untuk memulainya, bisa mencari tahu melalui buku, internet, atau berbicara dengan pekerja lepas lain yang sukses.

Langkah ini agar bisa memotivasi dan membuat percaya diri, bahwa mampu untuk menjalankan suatu usaha sendiri.

Mungkin juga bisa mengikuti kursus yang bisa mendorong lebih percaya diri dan yakin, untuk memiliki karier lepas. Dengan begitu, akan membuat hasrat dalam memulai bisnis bisa lebih matang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riset

Sangat perlu untuk melakukan riset sebelum memulai bisnis untuk menjadi seorang pekerja lepas, terlepas dari kompetensi yang di iliki.

Intinya, tetap harus mempertimbangkan segala hal, mulai dari analisis bisnis, siapa rekan kerja, serta bagaimana cara mengembangkan bisnis ke depan.

Dengan begitu, seseorang akan belajar cara menentukan harga, mendapatkan lebih banyak klien berkualitas tinggi, dan bekerja untuk diri sendiri terlebih dahulu.

Tentunya, hal ini akan mengajarkan cara membuat dan mempertahankan pertumbuhan, mengembangkan hubungan positif, dan bekerja lebih cepat dan lebih produktif daripada sebelumnya.

Sebelum menyadarinya, pekerja lepas akan memiliki alat, sumber daya, dan tahu cara mengoperasikan bisnis lepas dengan pilihan waktu sendiri.

Jadilah bos bagi diri sendiri, tentu akan lebih menikmati pekerjaan tersebut, karena merupakan hal yang jadi kesukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.