Sukses

Cara Tepat untuk Memuji Bos di Kantor

Puji atasan Anda tentang gaya kerjanya. Beri tahu atasan Anda bahwa gaya kerjanya sangat menginspirasi.

Liputan6.com, Jakarta - Memuji bos gampang-gampang susah. Jika cara yang dilakukan benar, Anda bisa dianggap sebagai karyawan yang baik. Namun jika cara yang dilakukan tak tepat maka bisa dianggap cari muka.

Jika Anda memuji bos Anda dengan cara yang benar, Anda tidak hanya akan membuat bos Anda bahagia tetapi Anda juga bisa mendapat promosi.

Namun kebalikannya, jika Anda berada di posisi yang salah saat memuji maka bisa jadi Anda diangap karyawan yang hanya mencari kesempatan di depan bos. 

Jadi, ada beberapa cara untuk memuji bos versi Mag For Women. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini:

1. Mulai dengan Hal-Hal yang Mendasar

Mulailah dengan hal-hal kecil seperti warna baju. Jangan terdengar tidak menyenangkan atau putus asa saat melakukan ini, Anda harus pandai berbicara.

Cukup beri tahu atasan Anda bahwa warna baju tertentu memuji kepribadiannya dengan baik. Atau, sepatu yang dikenakannya terlalu berkelas. Bos Anda pasti akan membalasnya dengan senyum yang lebar.

2. Tunjukkan Kekaguman

Katakan kepada atasan Anda bahwa tidak mudah untuk mencapai begitu banyak hal dalam hidup dan dia melakukannya dengan keyakinan yang tinggi. Jadi, ini seperti pujian kekaguman dari pihak Anda. Ini akan berpengaruh baik dalam hubungan pekerjaan Anda.

3. Gaya Kerja

Puji atasan Anda tentang gaya kerjanya. Beri tahu atasan Anda bahwa gaya kerjanya sangat menginspirasi, sehingga ada banyak hal yang harus dipelajari.

Katakan kepada atasan Anda, bahwa segala sesuatu tampak lebih mudah bekerja di bawahnya. Itu sudah cukup untuk meluluhkan hati bos Anda. Ini semacam pujian halus dari pihak Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jujurlah Saat Memuji

Jika Anda tidak jujur saat memuji bos Anda, maka Anda akan berada dalam kesulitan. Seperti, jika Anda berbohong, itu akan terlihat jelas dari wajah Anda. Selalu jujur saat memuji bos Anda.

Upaya pujian Anda harus benar-benar asli dan tidak palsu. Bagaimanapun, bos Anda lebih berpengalaman soal dunianya terutama dunia kerja.

5. Jangan Berlebihan

Anda tidak perlu melebih-lebihkan saat memberikan pujian kepada bos Anda. Seperti, jika Anda naik ke atas maka jelas bahwa Anda melakukan ini untuk tujuan Anda atau alasan untuk promosi.

Selalu bersikap halus saat memuji. Cara terbaik adalah membayar satu pujian dan mengubah topik karena itu adalah sebuah trik. Dan, Anda tidak perlu khawatir tentang hasilnya.

6. Tahu Tentang Mood

Mempertahankan suasana hati juga sangat penting. Anda tidak bisa benar-benar pergi dan memuji bos Anda ketika dia sedang dalam suasana hati yang sangat buruk. Selalu memilih untuk memuji ketika suasana hati bos Anda baik atau dalam keadaan bahagia. Itu akan membuat harimu juga.

7. Lakukan Cukup Sering

Puji bos Anda sesering mungkin. Itu mungkin menciptakan kesan yang baik. Jangan banyak berpikir sebelum berbicara, jika usaha Anda tulus dan jujur, bos Anda mungkin akan memahami Anda. Terlebih lagi, bos Anda juga dapat mempromosikan Anda untuk ini. Tapi, ini tidak mudah. Sampai saat itu, teruslah memuji dan lakukan yang terbaik yang Anda bisa.

Reporter: Danar Jatikusumo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini