Gardu Listrik yang Belum Menyala Akibat Banjir Tinggal 4 Persen

Oleh Tira Santia pada 05 Jan 2020, 12:50 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 13:15 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau lokasi Posko Banjir BUMN yang terletak di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan alasan pemadaman listrik pasca banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya. Pemadaman tersebut untuk menjaga keselamatan masyarakat.

"Karena nomor satu menjaga keselamatan juga, karena dalam banjir sendiri yang namanya listrik itu sangat berbahaya, makannya kita padamkan," ungkap Erick saat meninjau Posko BUMN di Kecamatan Cengkareng, Jakarta, Minggu (5/1/2019).

Dalam kunjungan tersebut Erick didampingi oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, serta perwakilan dari PT PLN (Persero), dan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Ia pun berharap PLN dengan direksi komisaris yang baru akan lebih tanggap bencana, dan lebih solid dalam melakukan gotong-royong. "Saya yakin ke depan kita jadi prioritas service yang baik ke masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, ia melihat kini sudah banyak gardu-gardu listrik yang dioperasikan kembali. "Tadinya ribuan sekarang tinggal empat persen yang masih padam," ungkapnya.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Sampai Tersengat Listrik

Luapan Kali Ciliwung Masih Menggenangi Jalan Jatinegara Barat
Anak-anak bermain air saat banjir menggenangi Jalan Jatinegara Barat, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Hujan yang terjadi kemarin malam membuat Kali Ciliwung meluap ke jalan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Mengenai pemulihan listrik, ia mengatakan untuk daerah yang masih tergenang, listrik tetap dipadamkan, karena untuk antisipasi agar keselamatan masyarakat terjaga.

Ia mengkhawatirkan jika listrik dinyalakan, akan terjadi peristiwa warga tersengat aliran listrik.

"Tergantung daerah yang tergenang, karena gak mungkin juga kita menyalakan listrik kalau daerah itu tidak siap. Malah takutnya kaya kemaren viral tuh, orang megang tiang listrik pada jatuh, saya gatau di mana," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓