Sukses

Imbas Banjir, 491 Gardu Listrik Masih Padam

Dari total 6.318 gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek, PLN telah menyalakan sebanyak 5.827 Gardu Distribusi.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki hari ketiga pasca banjir, PLN terus berupaya menyalakan kembali aliran listrik di wilayah terdampak banjir Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan Banten. Namun saat ini masih 491 gardu listrik yang masih dipadamkan.

Untuk mengidentifikasi gardu-gardu yang tergenang, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melakukan inspeksi untuk langsung kondisi gardu listrik dan kabel disekitar daerah terdampak banjir.

Dalam Inspeksi yang dilakukan di rawa buaya kecamatan cengkareng tersebut, PLN juga membagikan makanan siap santap bagi korban banjir.

“Di beberapa lokasi, akses ke gardu listrik memang sulit dijangkau. Jika memungkinkan dari sisi keamanan, petugas kami bisa menerjang banjir, ini demi memeriksa kondisi gardu dan demi listrik segera menyala,” ucap Darmawan Prasodjo.

Sementara itu, terkait kondisi kelistrikan Jabodetabek dan Banten, terpantau hingga pukul 19.00 WIB, dari total 6.318 gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek, PLN telah menyalakan sebanyak 5.827 Gardu Distribusi atau sebesar 92,3 persen dan sebanyak 491 gardu distribusi masih dipadamkan sementara demi keamanan warga.

PLN mengerahkan 3.337 personil untuk memeriksa gardu listrik dan menyalakan kembali listrik di lokasi terdampak banjir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Kunjungi Dapur Umum PLN

Di sela kunjungannya ke lokasi banjir di kawasan Cengkareng, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi dapur umum PLN yang ada di Posko BUMN Peduli Banjir, Jumat siang (3/1).

Selain berbincang dengan para relawan di dapur umum PLN, Anies juga menyempatkan diri untuk mencicipi masakan para relawan. Anies menilai makanan yang dibuat oleh dapur umum PLN memenuhi standar empat sehat lima sempurna.

“Makanannya lengkap, rasanya juga enak, tadi saya sampai nambah. Terima kasih PLN sudah hadir dan turun langsung membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir,” ungkap Anies.

Bekerja sama dengan Indonesia Chef Association, Tim Reaksi Cepat PLN selaku relawan di dapur umum memasak tidak kurang 1.000 porsi makanan yang dibagikan kepada korban banjir setiap hari.

Selain di Cengkareng, PLN juga membuka dapur umum di dua lokasi lainnya, yaitu di Bintaro dan Pondok Gede. Total 1.850 porsi makanan dibagikan dari ketiga lokasi dapur umum yang dibuat oleh PLN.

Posko BUMN Peduli Banjir Jakarta di kawasan Cengkareng merupakan hasil sinergi beberapa BUMN, yaitu PLN, Bank Mandiri, Pupuk Indonesia, dan Semen Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.