Tol Manado-Bitung Masih Gratis hingga Hari Ini

Oleh Liputan6.com pada 03 Jan 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 10:16 WIB
Jalan tol Manado-Bitung mulai beroperasi fungsional

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado, Triono Junoasmono mengatakan jalan Tol Manado-Bitung fungsional hanya sampai tanggal 3 Januari 2020, setelah dibuka sejak tanggal 20 Desember 2019.

"Terima kasih untuk semua warga yang sudah menggunakan tol Manado-Bitung sejak dibuka fungsional selama natal dan tahun baru," sebut Triono dikutip dari Antara, Jumat (3/1/2019).

Sejak dibuka 20 Desember tahun lalu, rata-rata kendaraan yang melintasi tol dari arah Manado menuju Bitung dari arah sebaliknya mencapai 4.500-4.600 per hari.

 

Angka ini, sebut Triono, lebih tinggi bila dibandingkan tahun lalu saat dibuka fungsional saat menjelang lebaran serta natal dan tahun baru.

"Alhamdulilah semua bisa berjalan baik, terima kasih juga untuk semua pengguna yang mematuhi rambu-rambu lalu lintas," katanya.

Meski begitu, lanjut Triono, hampir dua pekan difungsionalkan, masih ada pengendara roda dua yang memaksa masuk ke tol Manado-Bitung walaupun dilarang.

"Kami terus melakukan sosialisasi, mudah-mudahan masyarakat bisa paham bagaimana disiplin berlalu lintas ketika menggunakan jalan tol," sebutnya.

Paling penting juga, kata dia, BPJN XV dan PT Jasamarga Manado Bitung terus melakukan sosialisasi penggunaan kartu elektronik saat melakukan transaksi ketika memasuki gerbang tol.

2 dari 3 halaman

4 Jalan Tol yang Bisa Dicoba Gratis Selama Libur Tahun Baru

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai hari Senin, 24 Desember 2018 (sumber: DOK PT Jasa Marga (Persero) Tbk)
Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai hari Senin, 24 Desember 2018 (sumber: DOK PT Jasa Marga (Persero) Tbk)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sejumlah ruas tol secara fungsional tanpa tarif selama libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Mengutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Selasa (31/12/2019), setidaknya ada 4 jalan tol yang bisa dijajal secara gratis. Pertama adalah Tol Pekanbaru-Dumai Seksi I sepanjang 9,5 kilometer (km).

Ruas Tol Pekanbaru-Dumai secara keseluruhan sebenarnya memiliki panjang 87 km. Namun pada libur Tahun Baru ini, baru Seksi I Pekanbaru-Minas saja yang difungsikan sampai 2 Januari 2020.

Selanjutnya, Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 km. Ruas tol yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada 18 Desember 2019 ini telah dibuka gratis untuk tiga seksi, yakni Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV.

   Jalan Tol Manado-Bitung.(sumber: DOK PT Jasa Marga (Persero) Tbk)Kemudian adalah Tol Manado-Bitung sepanjang 26 km. Ruas tol yang berada di Sulawesi Utara ini dibuka fungsional untuk Seksi 1-Seksi 2A (Manembo-Akses sementara Manembo-Nembo).

Jalan ini dibuka sejak 20 Desember kemarin hingga 3 Januari 2020.

Terakhir, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km. Ruas tol ini telah dibuka gratis sejak 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓