Banjir Mulai Surut, Tol Cikampek Arah Jakarta Buka Satu Lajur Tambahan

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 02 Jan 2020, 19:09 WIB
Diperbarui 02 Jan 2020, 19:09 WIB
Contraflow Dibuka, Tol Jakarta-Cikampek Tetap Macet
Perbesar
Kendaraan melintas di contraflom KM 28 Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Kemacetan disebabkan antrean masuk ke rest area di beberapa titik. Antrean menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Genangan air di Km 24+000 (Cibitung) Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta saat ini berangsur surut. Kondisi tersebut membuat ruas itu kini dibuka untuk dua lajur (lajur 3 dan lajur 4) sehingga telah dapat dilalui seluruh golongan kendaraan.

Untuk mengurangi kepadatan, sejak pukul 08.15 WIB, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian sejak Kamis (2/1/2020) pukul 15.15 WIB telah membuka dua lajur contraflow, mulai dari Cikarang Barat Km 29 sampai dengan Cibitung Km 23+600 arah Jakarta.

Berdasarkan informasi dari Jasa Marga, beberapa Gerbang Tol (GT) yang dibuka masuk ke arah Jalan Tol Japek kini telah beroperasi normal. Diantaranya, GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, dan GT Cikarang Utara arah Jakarta.

Namun, lalu lintas yang masuk melalui ketiga gerbang tol ini akan kembali diarahkan keluar melalui GT Cibitung 2 untuk menghindari genangan di Km 24.

Guna mempercepat proses penyurutan air di Km 24 Tol Japek, Jasa Marga juga terus melakukan upaya melalui pengoptimalan pompa. Seperti pengoperasian 9 pompa submersible dengan kekuatan 1 meter kubik per menit.

Lalu, pengoperasian 2 pompa besar dengan kekuatan 6 meter kubik per menit, dan pengoperasian 2 pompa besar bantuan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan kekuatan 8 meter kubik per menit.

Jasa Marga juga mengerahkan dua eskavator untuk mempermudah pengecekan dan penyodetan aliran air ke saluran pembuangan.

Sementara hagi pengguna jalan dari arah Cawang/Halim yang menuju Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), saat ini Gerbang Tol (GT) Cikunir 4 telah beroperasi normal, baik yang yang mengarah ke Rorotan maupun ke arah Jatiasih.

2 dari 3 halaman

Banjir Jakarta, Sejumlah Tol Ditutup

Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2 Masih Tergenang Banjir
Perbesar
Sejumlah kendaraan melintasi Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2 yang masih terendam banjir, Tangerang, Banten, Kamis (2/1/2020). Banjir setinggi betis orang dewasa masih menggenangi Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan pihaknya masih menutup sejumlah jalan tol akibat genangan air sisa banjir Jakarta.

"Km 14 arah Bandara Soekarno-Hatta maupun arah Semanggi saat ini ditutup sementara, lalu lintas dialihkan melewati Tanjung Priok atau Jalan Tol Wiyoto Wiyono," kata Heru soal sisa banjir Jakarta, dalam siaran tertulis, Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Selain itu, Simpang Susun Cawang masih terdapat genangan sisa banjir Jakarta di terowongan Cawang ke arah Tol Jagorawi. Kendaraan dari arah Cawang dialihkan ke Tanjung Priok atau Jalan Tol Wiyoto Wiyono.

"Kendaraan dari arah Bekasi menuju Tanjung Priok dialihkan ke Jalan Tol Dalam Kota," ungkap Heru.

Menurut dia, Gerbang Tol (GT) Tanjung Duren sudah dibuka dan seluruh gardu beroperasi penuh.

"GT Cikunir 4 arah Bintara dibuka, sedangkan untuk arah Jatiasih masih ditutup," jelas Heru.

Sementara, kata Heru, untuk di Tol Jagorawi, genangan ada yang telah surut.

"Genangan air di KM 03 arah Bogor maupun arah Jakarta saat ini telah surut dan telah dapat dilalui 4 lajur kendaraan," pungkasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓