2.399 Gardu Belum Beroperasi, Cek Wilayah yang Masih Alami Pemadaman Listrik

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 02 Jan 2020, 13:19 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 06:14 WIB
Ketika Malam Tanpa Listrik di Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Demi keamanan warga, PLN masih melakukan pemadaman listrik sementara di sejumlah wilayah terdampak banjir yang melanda sebagian Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Hingga pukul 10.00 WIB Kamis (2/1/2019), masih ad 2.399 gardu yang dipadamkan.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, dari 23.700 gardu distribusi yang ada dan 5.010 gardu terdampak di Jabodetabek, PLN telah menyalakan sebanyak 2.524 gardu distribusi, dan sebanyak 2.399 gardu masih dipadamkan sementara.

Sementara untuk Banten dari total 562 gardu distribusi yang terdampak banjir, kini sudah dilakukan pemulihan sebanyak 248 gardu.

"PLN mohon maaf untuk pemadaman sementara yang dilakukan, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik. Jika memang sudah siap dinyalakan, pasti akan kami nyalakan," kata Made, di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Beberapa wilayah terpaksa dipadamkan seperti di Jakarta meliputi Pengadegan, Cempaka Putih, Cengkareng dan Lenteng Agung. Untuk Bogor dan Depok meliputi Jaga Baya, Batu Jajar, Kawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Pakansari, Jasinga, Bunar, Cigudeg, Pasirmadang, Kawasan Industri Bogorindo, Pomad.

Perum Vila Bogor Indah, Komplek Brimob Kedunghalang, Vila Nusa Indah, Bumi Mutiara. Sementara Bekasi meliputi Perumahan Darmawangsa, Jatimulya, Perumahan Pondok Hijau, Jl.Djuanda, Kel.Margajaya, Perumnas 3 Bekasi, Cipendawa, Bojongmenteng, Bantargebang, Kemang Pratama, Kota Legenda, Perumahan Narogong, Mustika Jaya, Jl. Raya Pekayon, Jl. Lumbu Timur, Jl. Raya Rawalumbu, Duren Jaya Bekasi Timur.

Kemudian, Jl. Pangeran Jayakarta, Jl. Inspeksi Kalimalang, Kawasan Gobel Cibitung, Jl. Raya Cibitung, Kota Serang Baru, Jl. Raya Tambun, Wanasari, Taman Rahayu Setu, Perumahan Bekasi Regency, Graha Buana Cikarang, Cikarang Baru, Jababeka, Jl. Raya Lemah Abang.

Sedangkan beberapa gardu yang sudah mulai dinyalakan yakni Joglo, Karang Tengah Permai, Puri Beta Cipadu, Ciledug Indah, Kayumas, Taman Asri Gaga Larangan, Bintaro, Ciputat, Ciracas, Kebun Jeruk, Kramat Djati, Marunda, Pondok Gede dan sebagian di Pondok Kopi, Bulungan, dan Menteng.

2 of 3

Banyak Rumah Warga Terendam Banjir, PLN Matikan Listrik di Beberapa Wilayah

Apartemen Mediterania Palace
Penghuni beraktivitas saat berlangsungnya pemadaman listrik di salah satu unit Apartemen Mediterania Palace, Jakarta, Rabu (31/7/2019). Sejumlah unit dan ruko mengalami mati listrik total meskipun penghuni sudah membayar biaya apartemen kepada pihak pengelola. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Hujan dengan intensitas terus menerus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada malam pergantian tahun 2020. Akibatnya, sejumlah wilayah di ibu kota terendam banjir setelah diguyur hujan semalaman.

Sejumlah sarana dan prasarana juga dihentikan demi keamanan warga, seperti listrik. PLN sendiri sudah melakukah langkah pemadaman listrik di sejumlah titik di Jakarta.

"Pemadaman cukup banyak, di puluhan gardu. Kebanyakan di Jatiasih (Bekasi), Cempaka Putih (Jakarta Pusat)," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad kepada Liputan6.com, Rabu (1/1/2020).

Pemadaman, lanjut Ikhsan, telah dimulai sejak pukul 04.00 - 05.00 WIB dan akan dipadamkan ketika ketinggian air mulai menyusut. Ikhsan melanjutkan, ke depan jumlah gardu listrik yang dimatikan kemungkinan akan bertambah.

Namun untungnya, gardu listrik tidak terdampak banjir.

"Banyak dari laporan warga (permintaan pemadaman), gardunya tidak terdampak namun lebih ke perumahan warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Sementara untuk data lengkap daerah yang aliran listriknya dimatikan masih dihimpun oleh pihak PLN. "Ada puluhan, datanya sedang kami himpun," tuturnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓