Sukses

Sudah Beroperasi Normal, Menhub Minta Bandara Halim Terus Dimonitor

Penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma sempat dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta karena banjir.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan hasil inspeksi terhadap Bandara Halim Perdanakusuma yang secara operasional mati akibat banjir.

Berdasarkan hasil inspeksi tersebut, ia mengatakan operasional Bandara Halim Perdanakusuma telah dibuka sejak Rabu (1/1/2020) siang pukul 14.30 dan dapat beroperasi normal hari ini.

"Hasil inspeksi dan asesment di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Rabu sore Bandara Halim sudah di buka dan besok sudah bisa operasi normal kembali," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1/2020).

Adapun pada Rabu kemarin, pesawat yang baru dapat beroperasi adalah tipe sejenis A320 dan Boeing 737. Itu lantaran runway belum bisa berfungsi optimal menyusul masih terdampak banjir dengan adanya genangan air di tepi runway.

Sementara untuk hari ini, Budi berharap Bandara sudah dapat berfungsi normal seperti sedia kala.

"Kementerian Perhubungan terus memonitoring dan berkoordinasi dengan operator bandara, operator penerbangan terkait perkembangan kondisi Bandara Halim Perdanakusuma," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Bandara Halim Dialihkan ke Soekarno Hatta Akibat Banjir

Sebelumnya, penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Pengalihan penerbangan imbas dari kondisi banjir yang terjadi di Bandara tersebut.

Ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti. "Sebelumnya ada yang dialihkan 5 flight," ujar dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (1/1/2020). 

Dia mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta pada Rabu, 1 Januari 2020 mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma lumpuh.

Untuk alasan keamanan dan keselamatan, aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Sejumlah penerbangan dengan keberangkatan dari dan dengan tujuan Bandar Udara Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Untuk alasan keamanan dan keselamatan, aktivitas di Halim Perdanakusuma kita tutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Semua penerbangan dari Halim dialihkan ke Soetta (CGK),” ucap Polana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.