Sukses

Listrik Sudah Menyala di Beberapa Wilayah di Jabodetabek

Pemadaman listrik akibat banjir untuk menjaga keselamatan warga.

Liputan6.com, Jakarta PLN sudah mulai menyalakan gardu distribusi di sejumlah lokasi yang aman bagi masyarakat. Sebelumnya PLN terpaksa memadamkan  listrik sementara di sejumlah wilayah yang terkena banjir. 

Langkah ini dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik. 

Berdasarkan data PLN, hingga pukul 18.00 wib dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek sebanyak 3.311 Gardu distribusi dipadamkan sementara. 

"PLN mohon maaf untuk pemadaman sementara yang dilakukan, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan agar masyarakat terhindar dari sengatan listrik,karena keselamatan warga adalah yang utama" ungkap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka.

Beberapa gardu yang sudah mulai dinyalakan yakni bintaro, ciputat, ciracas, kebun jeruk, Kramat Djati, Marunda, Pondok Gede dan sebagian di Pondok Kopi dan Menteng. 

Sebaliknya karena tingginya genangan air, beberapa wilayah terpaksa dipadamkan seperti di wilayah Bandengan, Bulungan, Cempaka Putih, Cengkareng dan Lenteng Agung. 

Sementara untuk Banten dari 228 Gardu Distribusi yang sebelumnya mengalami pemadaman, kini sudah dilakukan pemulihan sebanyak 19 Gardu Distribusi yang terletak di wilayah Serpong dan Banten Selatan. 

 

Himbauan kepada masyarakat apabila wilayahnya mulai tergenang air:

1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman

4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

etelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN