Tak Perlu Khawatir, Pertamina Jamin BBM dan LPG Aman Meski Banjir Melanda

Oleh Athika Rahma pada 01 Jan 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 20:16 WIB
SPBU. Dok Pertamina

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina memastikan jika pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk SPBU dan LPG dari Integrated Terminal Jakarta tetap berjalan normal, meski  terjadi banjir.

Pada Integrated Terminal Jakarta terdapat Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Priok, dan LPG Terminal Priok yang menjadi jalur distribusi LPG subsidi 3KG ke wilayah Jabodetabek.  

Unit Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menyatakan pasokan BBM untuk SPBU di wilayah Jakarta dan sekitarnya dipastikan aman.

Ini mengingat sejak Senin hingga Selasa (30 & 31 Desember) beberapa SPBU di Jakarta dan sekitarnya telah mendapat pasokan penuh BBM, guna mendukung mobilitas masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun.  

Sementara untuk hari ini pasokan BBM maupun LPG tetap dilakukan dan berjalan normal, meski sejumlah ruas jalan mengalami genangan.  

Namun demikian, terdapat beberapa SPBU yang tidak beroperasi karena akses jalan di sekitar SPBU tergenang air. Selain itu, listrik di beberapa SPBU juga dimatikan untuk menjaga keamanan dan keselamatan, imbas genangan.      

Dewi mengungkapkan, pihaknya memohon maaf atas kendala tersebut. Genangan air yang cukup tinggi kisaran 30 sampai 50 cm di sekitar SPBU, sehingga tidak memungkinkan SPBU beroperasi.  

"Beberapa jaringan listrik dimatikan, karena faktor safety. Namun demikian, saat ini warga Jakarta juga tidak banyak beraktivitas karena akses jalan terhambat," tambahnya.  

 

2 dari 2 halaman

Pasokan LPG

Stok LPG
Petugas melakukan proses pengisian gas LPG ke dalam tabung Elpiji ukuran 3 kg di SPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji), Srengseng, Jakarta, Jumat (3/5/2019). PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan LPG di bulan Ramadan dan tidak ada kenaikan harga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebagian besar SPBU yang masih beroperasi, bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, terutama di wilayah yang tidak terkena banjir.   

"Tentunya jika kondisi sudah pulih dan aman untuk operasional SPBU akan dibuka kembali," jelasnya.  

Sementara itu pasokan LPG juga masih aman. Meski sejumlah wilayah yang terendam menjadi kendala bagi masyarakat, Pertamina tetap menyiagakan Agen dan Pangkalan LPG Siaga.

Hal ini dilakukan karena Pertamina masih dalam masa Satgas Natal dan Tahun Baru.   Untuk informasi produk dan layanan BBM dan LPG dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.  

Lanjutkan Membaca ↓